Berita

Menteri Agama Resmikan Pemakaian Pagoda Sata Sahasra Buddha

Rabu, 24 Januari 2024 08:27 WIB
  • Share this on:

Menteri Agama Resmikan Pemakaian Pagoda Sata Sahasra Buddha

Kemenag Bintan (Humas)— Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas meresmikan pemakaian pagoda tertinggi di di Indonesia, pagoda Sata Sahasra Buddha yang merupakan bagian dari komplek Vihara Avalokitesvara Graha, Tanjungpinang, Minggu, 14 Januari 2024. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama. Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Ketua Permabuddhi Kepulauan Riau Hengky Suryawan dan sejumlah undangan.

Dalam sambutannya, Menag mengutip pesan Ali Bin Abi Thalib yang bermakna mereka yang tidak bersaudara denganmu dalam iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan. “Ini menjadi penting untuk menjadi kesadaran bagi seluruh warga bangsa,” ujar Menag.

Dia menegaskan perbedaan adalah sunnahtullah. Perbedaan yang justru membuat kita semakin kuat dan saling melengkapi.

“Jangan karena perbedaan membuat kita terpecah. Pilihan kita memang berbeda, tetapi jangan jadikan perbedaan sebagai cikal bakal perpecahan. Jangan karena perbedaan kita tercerai berai,” pesannya.

Menag menegaskan umat Buddha mempunyai kewajiban untuk menjaga keutuhan NKRI. Dia meminta umat Buddha juga menjaga NKRI yang juga telah memerdekaan bangsa ini dari penjajahan colonial.

“Jika kita melihat sejarah bangsa, Jenderal Gatot Subroto merupakan pahlawan nasional yang besar jasanya bagi bangsa Indonesia yang beragama Buddha. Semua umat agama berjasa memerdekaan Indonesia,” ucapnya.

“Jadi pesan saya, peninggalan para pahlawan berbentuk NKRI harus dijaga bersama. Saya mohon doa dan tetap diberi kesehatan untuk bisa datang lagi kembali ke Pulau Bintan,” imbuhnya.

Menag juga berkenan untuk meninjau puncak pagoda di lantai 8.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik