Berita

Menilik Sikap Moderasi Beragama di MIN 1 Bintan

Selasa, 6 Pebruari 2024 21:12 WIB
  • Share this on:

Menilik Sikap Moderasi Beragama di MIN 1 Bintan

Kemenag Bintan (Humas)—Pada Selasa, 06 Februari 2024, Tim Humas dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau mangadakan liputan Implementasi Moderasi Beragama di MIN 1 Bintan.

Rombongan Tim Humas Kanwil datang pukul 09.00 Wib diketuai oleh H. Suparno, dan sejumlah tim liputan antara lain Sadam Husen, Mayang Saputri, dan Amilia Putri.

Dalam wawancara dengan Kepala Madrasah, Ridwan mengatakan bahwa Implementasi Moderasi Beragama di MIN 1 Bintan sudah berlangsung sejak sekolah berdiri tahun 1951. Hal ini dibuktikan banyak alumni dari MIN 1 Bintan yang beragama nonmuslim menjadi alumni MIN 1 Bintan.

Dan setiap tahun pada waktu PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) pasti ada siswa nonmuslim yang mendaftar di MIN 1 Bintan.

Selama pelaksanaan belajar mengajar tidak ada kendala terhadap keberagaman peserta didik. Dia menambahkan mulai tahun pelajaran ini Kantor Kemenag Kabupaten Bintan lewat Penyuluh Agama Kristen akan mengadakan bimbingan rohani secara rutin terhadap siswa nonmuslim sebagai wujud pemenuhan pendidikan sesuai amanat Undang - Undang yaitu menyediakan tenaga pendidik untuk mata pelajaran agama sesuai   agama dan kepercayaan yang dianut oleh peserta didik.

Salah satu siswa nonmuslim bernama Celsi Olivia diwawancarai apakah ada kendala sekolah di MIN 1 Bintan? Dia dengan lugas menjawab senang menuntut ilmu di MIN 1 Bintan. Walau siswa nonmuslim sedikit tapi tidak ada diskriminasi semua sama rata dalam menerima pembelajaran. Kegiatan peliputan berakhir pukul 11.00 Wib.

Kepala MIN 1 Bintan berharap dengan adanya kunjungan peliputan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau ini semoga dapat menambah motivasi dalam menjalankan program moderasi beragama yang ada di MIN 1 Bintan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Seri Mulyani
Penulis:
Seri Mulyani

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik