Berita

Masyarakat Desa Air Gelubi Peringati Isra Mikraj 1445 H

Jumat, 9 Pebruari 2024 14:58 WIB
  • Share this on:

Masyarakat Desa Air Gelubi Peringati Isra Mikraj 1445 H

Kemenag Bintan (Humas)-- Sekretaris Kecamatan Ika Yuliawati, bersama jajaran Perangkat Kecamatan Bintan Pesisir hadir pada Perayaan Isra Mikraj yang diselenggarakan oleh Desa Air Gelubi di Masjid Al Musyahadah. Hadir sebagai Penceramah adalah H.Parman Effendi, pegawai Seksi Bimas Islam Kemenag Bintan.

Ustadz Parman mengatakan Isra menurut bahasa Arab diartikan sebagai perjalanan jauh di waktu malam dan selamat pulang kembali ke tempat semula. Sementara menurut istilah, Isra' diartikan sebagai perjalanan Rasulullah SAW di waktu malam dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsha (Palestina).

Mikraj menurut bahasa Arab artinya tangga untuk dinaiki, sedangkan menurut istilah, mikraj adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa ke langit tujuh sampai ke Arasy Allah.

Salah satu tujuan utama Rasulullah SAW di-isra'-kan adalah untuk diperlihatkan tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah secara langsung. Hal ini seperti yang telah ditegaskan dalam Surah Al-Isra ayat 1.

Allah secara langsung memperlihatkan tanda-tanda kebesaran-Nya kepada Nabi Muhammad, karena selama masa dakwah Nabi di Makkah, situasinya penuh duka cita. Lewat peristiwa Isra Mikraj, Allah mempertemukan Nabi SAW dengan nabi-nabi sebelumnya dan menunjukkan bahwa mereka juga mengalami masa-masa sulit selama berdakwah.

Di samping untuk melihat maha kuasanya Allah SWT, Rasulullah juga menerima wahyu berupa perintah salat dalam sehari.

Segenap masyarakat Desa Air Gelubi hadir meramaikan Perayaan Isra Mikraj yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa. Semoga seluruh masyarakat dapat memetik hikmah dan pelajaran dari peristiwa Isra Mikraj ini.

Turut hadir pada Kegiatan yakni Babinsa, Majelis Taklim Desa Air Gelubi, Pengurus Masjid Al Musyahadah dan jajaran Perangkat Desa.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik