Berita

MAN Bintan Laksanakan Pesantren Ramadhan 1445 H

Selasa, 19 Maret 2024 09:01 WIB
  • Share this on:

MAN Bintan Laksanakan Pesantren Ramadhan 1445 H

Kemenag Bintan (Humas) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bintan laksanakan pesantren Ramadhan selama lima hari mulai 18 – 22 Maret 2024, Kegiatan dibuka oleh kepala MAN Bintan Zulfahmi di Aula Asram MAN Bintan, Senin (18/03/2024).

Kegiatan pesantren Ramadhan hanya diikuti siswa kelas X dan XI karena siswa kelas XII sedang melaksanakan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Selama pesantren Ramadhan akan diadakan salat Dhuha, tausiah singkat, tadarus Al-qur’an. Selain itu siswa akan diberikan materi Peningkatan Pemahaman Moderasi Beragama, Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima nilai yaitu Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong dan Integritas. Materi terkait akhlak, fardu kifayah, fikih ibadah dan hukum-hukum tajwid.

“Pada hari ini kita laksanakan pesantren ramadhan. Yang mana agenda atau acaranya sudah diuraikan oleh pembawa acara tadi seperti salat dhuha, tausiah singkat, tadarus al qur’an. Dan nanti akan ada materi peningkatan pemahaman moderasi beragama dan penguatan pendidikan karakter,” kata Zulfahmi.

“Kenapa materi moderasi beragama sangat penting untuk dipahami oleh ananda semua, karena Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama berpotensi terjadinya bentrok. Jadi dengan adanya pemahaman moderasi beragama itu, membuat kita, terutama ananda yang masih muda ini bisa memahami makna moderasi beragama, saling toleransi. Sehingga kita tetap aman, rukun dan damai. Karena islam itu agama rahmatan lil alamin,” tambahnya lagi.

“Ikutilah kegiatan ini dengan baik, terlebih ini bulan ramadhan dimana setiap kebaikan yang kita lakukan, apakah itu mendengar ceramah, melakukan kajian, tadarus al qur’an akan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Mudah-mudahan ananda semua menjadi generasi islami, bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa,” harapnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Damanhuri
Penulis:
Damanhuri

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik