Berita

MA Idris Bintan Gelar Program Magang dan Pengabdian Masyarakat

Sabtu, 27 Januari 2024 22:32 WIB
  • Share this on:

MA Idris Bintan Gelar Program Magang dan Pengabdian Masyarakat

Kemenag Bintan (Humas)-- Madrasah Aliyah Idris Bintan menggelar Program Magang dan Pengabdian Masyarakat angkatan ke-3 pada 27 Januari sampai dengan 05 februari 2024.

MA Idris Bintan kembali menggelar Program Magang dan Pengabdian Masyarakat (PMPM) pada tanggal 27 Januari hingga 05 Februari 2024, program ini merupakan program tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas 11 MA IDRIS Bintan.

Program pengabdian masyarakat yang sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya membawa dampak positif bagi warga masyarakat tempat pengabdian. Warga masyarakat merasa senang dan terbantu dengan adanya program ini.

Tahun ini, MA Idris Bintan melakukan peningkatan program dari yang mulanya hanya pengabdian saja menjadi program magang dan pengabdian. Program magang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan bisnis santri dan membantu UMKM masyarakat sekitar. Selain itu waktu pengabdian juga ditambah menjadi sepuluh hari yang mulanya hanya tujuh hari saja.

Terdapat delapan kelompok dan delapan lokasi PMPM tahun ini yang terdiri dari empat kelompok akhwat dan empat kelompok ikhwan. Lokasinya adalah Senggarang besar, Mushola Almuhajirin Batu 18 Kijang, Kampung Madung, SD AL Bintani, Panti Asuhan Nur Ar-Rohman Kepri, Panti Asuhan Bina Insani, Yayasan Rumah Cahaya Safa, Panti Asuhan rumah anak shaleh (RAS).

PMPM tahun ini dibuka langsung oleh mudir pondok pesantren idris ustadz suparman manjan, beliau menyampaikan harapan dari PMPM ini santri dapat melakukan personal selling dan membangun komunikasi dengan semua warga masyarakat serta menjadi bermanfaat untuk warga sekitar, selanjutnya ada tiga hal yang menjadi nilai penting yakni ikhlas karena Allah, Sabar mengikuti proses, serta perbaiki komunikasi dengan masyarakat.

Ketua Panitia Ustadz Imam Azmar dan Kepala Madrasah Ustadzah Nur Sahfitri juga mengingatkan kepada santri untuk melaksanakan tujuh indikator yang akan dinilai pada PMPM tahun ini yaitu Religius, Mandiri, kerjasama, tanggungjawab, moderasi beragama, peduli lingkungan dan peduli sosial.

Selain itu, tidak lupa santri dibekali buku laporan kegiatan, brosur penerimaan santri baru, alat kebersihan dan juga sembako sebagai bekal makanan di lokasi masing-masing.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Nur Safitri
Penulis:
Nur Safitri

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik