Berita

LPTQ Bintan Sukses Gelar Musda 2023

Sabtu, 23 Desember 2023 12:26 WIB
  • Share this on:

LPTQ Bintan Sukses Gelar Musda 2023

Kemenag Bintan (Humas) – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bintan sukses menggelar kegiatan Musyawarah Daerah (Musda) yang dilaksanakan selama satu hari, Jumat, 22 Desember 2023. Musda diikuti oleh seluruh pengurus LPTQ Kabupaten Bintan di aula Kantor Bupati Bintan.

Musda LPTQ menghadirkan tiga narasumber, antara lain Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, Kakan Kemenag Bintan dan Kabid Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan BKAD Kabupaten Bintan. Musda dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith.

Mengawali pemaparannya, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, H. Edi Batara mengatakan peserta musabaqah perlu diberikan tambahan reward atas prestasi yang diraihnya. Terutama reward perlu diberikan kepada peserta yang telah mewakili daerah dalam ajang muasabaqah pada level nasional dan internasional.

“Reward akan menjadi pemacu semangat mereka dalam belajar sehingga kualitasnya semakin baik. Reward juga akan memacu semangat generasi muda lainnya untuk mendalami musabaqah,” ujar Edi Batara.

Edi Batara juga memberikan apresiasi yang besar kepada Pemerintah Kabupaten Bintan yang sudah memfasilitasi rumah – rumah ibadah di Bintan dengan fasilitas internet. Namun dia berpesan pemakaian internet di rumah – rumah ibadah wajib diawasi agar tepat guna.

Dalam sesi yang sama, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan LPTQ Kabupaten Bintan perlu mempertajam perannya dalam pengembangan tilawatil Quran. LPTQ bertugas membina masyarakat dalam mempelajari dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan musabaqah, katanya hanya bagian dari pembinaan yang diberikan sekaligus sebagai ajang evaluasi.

Dia menilai perlu peningkatan kualitas manajemen LPTQ dengan visi dan misi yang semakin jelas. Erman juga mengapresiasi LPTQ Kabupaten Bintan yang semakin mengadopsi penerapan teknologi dalam implementasi musabaqah agar berjalan semakin fair.

Demikian pula apresiasi juga diberikan kepada LPTQ Kabupaten Bintan yang serius dan berkomitmen untuk tetap mengutamakan generasi muda Bintan dalam ajang STQ dan MTQ sebagai ajang tahunan.

Berbeda dengan, Kabid Akuntansi dan Pelaporan Keuangan DPKAD Kabupaten Bintan yang memberi penekanan kepada LPTQ Kabupaten Bintan untuk mengakselerasi sistem akuntansi dan pelaporan keuangan sesuai dengan berbagai regulasi. Regulasi yang dimaksud adalah regulasi yang terkait dengan tata kelola keuangan dan pelaporan keuangan LPTQ sesuai dengan ketentuan yang diterbitkan oleh Bupati Bintan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik