Berita

Khutbah Jumat Di Lapas Narkotika, Ustadz Rio Sampaikan Makna Salam

Sabtu, 6 Januari 2024 10:32 WIB
  • Share this on:

Khutbah Jumat Di Lapas Narkotika, Ustadz Rio Sampaikan Makna Salam

Kemenag Bintan (Humas)—Penyuluh Agama Islam Kecamatan Toapaya, Rio Putra Sikumbang pada Jumat, 6 Januari 2024 memberikan khutbah Jumat di Masjid Lapas Narkotika yang terletak di Km. 18 Kijang, Bintan.

Ustadz Rio yang merupakan dai specialis penyuluh narkoba dan HIV AIDS itu mengangkat tema tentang tiga hakekat doa dalam mengucapkan salam. Dia menjelaskan mengucapkan salam dalam lafadz assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh wajib di biasakan dalam kehidupan sehari-hari mana kala kita bertemu dengan teman, sahabat, tetangga dan umat Islam pada umumnya

“Saya Meyakini bahwa semua umat Islam memahami makna kalimat sala mini, tapi masalahnya masih sedikit umat Islam yang mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Rio Sikumbang.

Padahal menurutnya mengucapkan kalimat salam sangat ringan diucapkan dengan makna dan manfaat yang dalam. “Tetapi kita masih saja sulit. Biasanya karena adanya rasa malu mengucapkannya di khalayak ramai, jadi kita merasa berat,” ujarnya.

Padahal, kata Rio, memuliakan tamu adalah sangat mulia dan utama. “Salah satu tanda orang beriman adalah memuliakan tamunya,” jelasnya.

Nah, penting dicatat, di dalam salam ada tiga faktor unsur doa, yaitu;

Pertama, Asslamulikum, artinya selamat dunia dan akhirat. Kita didoakan oleh tamu selamat baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Kedua, Warahmatullah, artinya dan mendapat rahmat Allah. Tamu yang datang rumah kita didoakannya mendapatkan rahmat berupa kasih sayang Allah di dunia ini sampai akhirat.

Ketiga, Wabarakatuh, artinya mendapat barokah dari Allah Swt. Tamu datang kerumah kita didoakannya kita mendapat rezeki yang berkah dari Allah Swt.

“Demikian khutbah singkat mudah mudahan kita dalam lindungan dari Allah SWT. Aamiin”, tutupnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Rio Sikumbang
Penulis:
Rio Sikumbang

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik