Berita

Ketua Tanfidziah PCNU Bintan Beri Tausiyah Halal Bihalal

Selasa, 7 Mei 2024 14:42 WIB
  • Share this on:

Ketua Tanfidziah PCNU Bintan Beri Tausiyah Halal Bihalal

Kemenag Bintan (Humas) – Kemenag Bintan bersama KKM Madrasah Kabupaten Bintan sukses gelar Halal Bihalal 1445 H di Masjid Nurul Iman, Kijang, Bintan Timur. Kegiatan yang digelar Selasa, 7 Mei 2024 pagi itu menghadirkan Ketua PCNU Bintan, KH. Abdul Majid sebagai penceramah.

Kegiatan dihadiri oleh sejumlah undangan antara lain Ketua FKUB Bintan, Ketua DWP Kemenag Bintan, Polsek Bintan Timur, Kepala KUA Bintan Timur, perwakilan Camat Bintan Timur, para pejabat pengawas, pengawas madrasah, pengawas sekolah, dan para kepala madrasah se Bintan serta seribu siswa madrasah di Bintan Timur.

Dalam tausiyahnya, Abdul Majid menguraikan beberapa sebab dimudahkannya hidayah dan diterimanya amal ibadah yang kita lakukan. Diterimanya amal ibadah tiap-tiap manusia yang paling penting adalah ibadah tersebut benar disisi Allah.

Akhlak mulia terhadap orang tua seperti berkata perkataan yang baik menjadi sorotan utama Abdul Majid kepada seribuan siswa madrasah. Sebagai muslim wajib hukumnya selalu berbuat baik kepada orang tua sampai kapanpun. Bahkan, allah Swt berfirman dalam Al-Quran mengenai berkata “Ah” kepada orang tua.

“Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, serta ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil”. (QS. Al Isra ayat 23-24).

Ibadah yang benar wajib memenuhi syarat sebagai amal ibadah yang dilakukan dengan niat yang ikhlas karena Allah Swt. Keikhlasan merupakan konsekuensi kalimat dua kalimat syahadat.

Sebab mudahnya datangnya pertolongan Allah Swt selanjutnya adalah memperbanyak sedekah. Dalam pengertian sedekah menurutnya baik yang diwajibkan seperti zakat maupun yang bersifat sunnah seperti infaq.

“Jika kita gemar bersedekah dengan penuh keikhlasan, maka Allah akan senantiasa membantu kita. Biasakan infaq dan sedekah agar hidayah mudah masuk ke dalam jiwa kita.

Sebagai tanda beriman dan bertaqwanya seseorang selanjutnya adalah mudah memaafkan orang lain. Islam sangat menganjurkan untuk memberi maaf, karena memberi maaf lebih utama.

Usai memberikan tausiyah, KH. Abdul Majid juga memimpin doa di akhir kegiatan dan ditutup dengan bersalam-salaman seluruh guru, jajaran Kemenag, tamu undangan, dan seribu siswa MA, MTs dan MI yang mengikuti kegiatan tersebut.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik