Berita

Kerjasama Dengan Baznas, Kemenag Bintan Gelar Bimtek UPZ dan Pembinaan Pengurus Masjid

Selasa, 27 Agustus 2024 15:08 WIB
  • Share this on:

Kerjasama Dengan Baznas, Kemenag Bintan Gelar Bimtek UPZ dan Pembinaan Pengurus Masjid

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin membuka kegiatan bimbingan teknis unit pengumpulan zakat dan pembinaan pengurus, imam masjid se Kabupaten Bintan. Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama antara Kemenag Bintan dan Baznas Bintan dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Bintan, Selasa, 27 Agustus 2024.

Hadir dalam kegiatan antara lain Kepala Kemenag Bintan, para pejabat pengawas, Komisioner Baznas Bintan, Kepala KUA, Ketua BKMT Bintan, pengurus masjid, imam masjid dan UPZ se Bintan.

Ketua panitia kegiatan, H. Faril Wahidi mengatakan kegiatan melibatkan 5o peserta dalam rangka meningkatkan kapasitas imam masjid dan UPZ dalam tata kelola zakat di wilayah masing-masing.

Sementara itu, dalam arahannya, Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan saatnya kini masjid difungsikan sebagai pusat ekonomi syariah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

“Saatnya memakmurkan dan dimakmurkan oleh masjid,” ujarnya.

Dia mengatakan masjid juga harus difungsikan sebagai pusat pembelajaran masyarakat yang tidak saja terbatas pada aktivitas TPQ dan majelis taklim. Dia menilai porsi pembinaan umat sudah saatnya menyasar remaja. Karena remaja menjadi kelompok masyarakat yang menghadapi tantangan dan perubahan yang cepat.

Erman mengatakan sesuai ketentuan UU Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat, UPZ diusulkan oleh pengurus masjid kepada Baznas Kabupaten untuk ditetapkan dengan masa jabatan 5 tahun. Untuk itu, Erman meminta pengurus masjid dengan sikap bijaksana melangsungkan musyawarah untuk menyusun usulan.

Dengan adanya UPZ di masjid, maka UPZ bertanggung jawab untuk melaksanakan tata kelola zakat bertugas setiap hari di lingkungannya untuk menghimpun dan menyalurkan zakat kepada masyarakat, bukanya hanya di bulan Ramadhan saja.

Erman menilai saat ini tingkat kepercayaan masyarakat kepada Baznas Bintan sudah semakin tinggi. Hal itu dibuktikan dengan tingkat penghimpunan dana zakat yang terus meningkat setiap tahunnya dan transparansi program yang berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dia menilai ujung dari tata kelola zakat yang baik untuk mensejahterakan umat Islam. Dia juga meminta Baznas Bintan untuk memperkuat tata kelola zakat dengan pendekatan teknologi informasi sehingga semakin diterima oleh masyarakat.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik