Berita

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Bintan Hadiri Ekspose Puslitbang Polri

Rabu, 15 November 2023 13:05 WIB
  • Share this on:

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Bintan Hadiri Ekspose Puslitbang Polri

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Syahjohan menghadiri kegiatan ekspose penelitian oleh Puslitbang Polri tentang Penguatan Peran Polri dalam Menanggulangii Intoleransi dan Radikalisme Guna Mencegah Terorisme Tahun anggaran 2023 di wilayah Polres Bintan.

Eskpose dilaksanakan Selasa, 14 Nopember 2023 di aula Mapolres Bintan. Kegiatan menghadirkan sejumlah undangan antara lain Kepala Kesbangpol, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Diskominfo, UPT PPA, sejumlah guru pada Sekolah Umum, Madrasah, tokoh agama, Ketua FKUB, Kepala Desa/ Lurah dan sejumlah komunitas dan paguyuban.

Penelitian ini untuk mengetahui peran Polri khususnya di Polres Bintan dalam upaya menanggulangi radikalisme dan intoleransi guna mencegah terorisme. Penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap pengemban fungsi Intelijen, Samapta, Binmas, Humas, Reskrim, dan Kapolsek serta responden dari perwakilan masyarakat, sekolah, pemerintah, dan tokoh agama.

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang} Polri melakukan penelitian di Polres Bintan dalam rangka meninjau langsung yang dilakukan oleh Polres Bintan dalam rangka menanggulangi intoleransi dan radikalisme untuk mencegah terorisme. Tim Puslitbang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djadja Subagdja dengan membawa beberapa staf melakukan penelitian yang dilaksanakan di gedung Aula Sarja Racana Polres Bintan, Selasa (14/11/2023).

Kedatangan tim Puslitbang disambut oleh Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M. Wakapolres Bintan Kompol M. Tahang, S.Ag, dan pejabat utama Polres Bintan. Tim puslitbang melakukan penelitian kepada pejabat Pembina fungsi di Kepolisian Resor Bintan khususnya di bidang pelayanan seperti SatIntelkam, Satbinmas, Satsamapta dan Seksi Humas serta Bhabinkamtibmas.

Saat pembukaan Ketua Tim Kombes Pol Ade Djadja Subagdja, S.I.K, M.H. yang didampingi oleh  Wakapolres Bintan Kompol M. Tahang, S.Ag menyamaikan ucapan terima kasih kepada Polres Bintan dan Tamu undangan dari eksternal yang telah hadir di Kegiatan ini.

“Terkait permasalahan Intoleransi dan Radikalisme bukan hanya tertuju terhadap suatu agama tertentu, namun terhadap kelompok yang fanatik dan menganggap kelompoknya lah yang paling eksklusif”, kata Kombes Ade.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bintan, H. Syahjohan dalam kesempatan itu menjelaskan kondisi kerukunan di Bintan terbilang kondusif yang dibuktikan dengan tingginya indeks kerukunan di Kepulauan Riau dimana Kabupaten Bintan menjadi bagian dari penilaian itu.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik