Berita

Kepala KUA Toapaya Teken MoU Kesehatan Catin Lintas Agama

Rabu, 11 September 2024 10:46 WIB
  • Share this on:

Kepala KUA Toapaya Teken MoU Kesehatan Catin Lintas Agama

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala KUA Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra menekan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Puskesmas Toapaya bersama perwakilan umat beragama di wilayah kecamatan Toapaya, Senin, 9 September 2024.

Kepala KUA Toapaya, Zainal Nahra mengatakan kegiatan tersebut merupakan evaluasi dari usaha yang dilakukan bersama instansi terkait di dalam menurunkan angka stunting di wilayah. Kegiatan digelar di Puskesmas Toapaya, Mantrust, Desa Toapaya Selatan.

Zainal mengatakan program bimbingan perkawinan dan bimbingan kesehatan serta pemeriksaan kepada calon pengantin tidak hanya terbatas kepada calon pengantin yang beragama Islam saja yang telah dilaksanakan selama ini. Dalam usaha pencegahan atau mengantisipasi terjadinya stunting perlu dilakukan bimbingan dan pemeriksaan kepada seluruh calon pengantin dari seluruh umat beragama di Toapaya.

MoU tersebut yang menjadi landasan bekerja ditandatangani oleh Kepala KUA Toapaya, Kepala Puskesmas Toapaya, Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Toapaya, Pendeta Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Jemaat "El Ezry" Km 26 Kelurahan Toapaya Asri, Pendeta GPDI "Jemaat Efrata Km 20, Gesek Kelurahan Toapaya Asri, Pengurus Vihara Cetiya Bhakti Sasana Lintas Barat Km 18 Kelurahan Toapaya Asri, Pengurus Vihara Cetiya Bhakti Sasana Gesek Km 21 Kelurahan Toapaya Asri, Pendeta GPDI Jemaat "Eagle " Km 42 Lome  Desa Toapaya Utara, Pengurus Vihara Xiang Ti Kong Km 42 Lome Desa Toapaya Utara, Pengurus Vihara Maitri Karuna Km 38 Lome Desa Toapaya Utara, Perwakilan Gereja Santo Matias Mulumba Desa Toapaya Selatan, Pengurus Vihara Cetiya Paramita Km 33 Toapaya Desa Toapaya, Pengurus Khonghucu Toapaya, perwakilan agama Buddha Kecamatan Toapaya, dan perwakilan agama Hindu Kabupaten Bintan.

Zainal menjelaskan seluruh perwakilan umat beragama sudah menandatangani MoU dengan penuh kesadaran bahwa setiap calon pengantin harus diperiksa kesehatannya ke Puskesmas Kecamatan Toapaya sebelum melangsungkan perkawinan.

“Bimbingan kesehatan akan diberikan di Puskesmas jika hanya terdapat satu pasangan calon pengantin. Namun jika calon pengantin cukup banyak, maka tim akan turun ke lapangan. Agar lebih efektif, kegiatan akan selalu dipantau oleh Kepala KUA Kecamatan Toapaya, Kepala Puskesmas Kecamatan Toapaya dan Camat Toapaya,” imbuh Zainal.

“Semua peserta yang hadir sangat berharap kegiatan ini terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Zainal Nahra
Penulis:
Zainal Nahra

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik