Berita

Kepala KUA Toapaya Ikuti Loka Mini Bahas Isu Stunting

Senin, 26 Agustus 2024 15:36 WIB
  • Share this on:

Kepala KUA Toapaya Ikuti Loka Mini Bahas Isu Stunting

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Toapaya, H. Zainal Nahra, menghadiri kegiatan Lokakarya Mini Lintas sektoral Tahun 2024 yang digagas BKKBN Kabupaten Bintan, pekan kemarin.

Memanfaatkan momentum tersebut, Kepala KUA Toapaya, Zainal Nahra program bimbingan calon pengantin yang wajib diikuti oleh seluruh calon pengantin sesuai dengan ketentuan. Dalam bimbingan tersebut Kantor Urusan Agama juga memberikan bimbingan tentang kesehatan dan pemahaman stunting kepada calon pengantin (catin) dari presepsi Agama Islam.

Dia menjelaskan koordinasi dan sinkronisasi kegiatan Kantor Urusan Agama Kecamatan Toapaya dengan Puskesmas dan Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Toapaya tentang pemahaman stunting kepada anak usia sekolah dan masyarakat juga sudah berjalan secara proporsional.

“Bahkan Kantor Urusan Agama Kecamatan Toapaya telah melakukan intervensi stunting bersama instansi terkait sebagaimana program pemerintah,” ujar Zainal.

Lokakarya Mini berlangsung di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Desa Topaya Selatan. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Toapaya, UPTD Puskes Toapaya, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Toapaya, pengerak PKK Kecamatan Toapaya, Bidan dan Tim pendamping Keluarga (TPK) se Kecamatan Toapaya. Kegiatan tersebut juga diadakan secara zoom bersama Bappenas, Kemendagri, BKKBN Provinsi Kepulauan Riau dan lain-lain secara daring.

Sejumlah kesepakatan dihasilkan dalam pertemuan hybrid tersebut. Hasil-hasil yang dicapai antara lain calon pengantin, siswa sekolah, bayi dan seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Toapaya wajib memperoleh pengetahuan yang memadai tentang stunting dan pelayanan kesehatan lainnya, setiap kendala yang dihadapi dipecahkan bersama dengan mengedepankan musyawarah dan kerjasama yang sinergis.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Zainal Nahra
Penulis:
Zainal Nahra

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik