Berita

Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP Sambangi Kecamatan Bintan Pesisir

Kamis, 22 Pebruari 2024 17:34 WIB
  • Share this on:

Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP Sambangi Kecamatan Bintan Pesisir

Kemenag Bintan (Humas) – Gelaran kegiatan Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP Bintan sambangi masyarakat di Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, Kamis, 22 Februari 2024. Kegiatan digelar di aula Kantor Camat Binsir. Hadir dalam kegiatan sejumlah pejabat pengawas Kemenag Bintan, Kasi Kessos Kecamatan Bintan Pesisir, RT/RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kasi Kessos Indra Cahady mewakili Camat Binsir mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Kemenag Bintan bersama FKPP Kabupaten Bintan.

“Mohon maaf Camat Binsir sedang dalam kegiatan lainnya sehingga mewakilkan kepada kami. Dan kegiatan kali ini merupakan kunjungan kedua dalam konteks Kemenag Menyapa,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi PHU Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan mengatakan Kemenag Menyapa 2024 menggandeng FKPP Kabupaten Bintan akan berkeliling dari pesantren ke pesantren setelah semalam dilaksanakan di Darussilmi dan Idris Bintan.

“Tujuannya untuk menciptakan layanan yang berdampak kepada masyarakat atas kinerja Kemenag Bintan. Saat ini sebanyak 16 ponpes tersebar di Bintan kecuali di Teluk Bintan, Mantang, Binsir dan Tambelan,” ujarnya lagi.

“Kemenag Menyapa adalah kegiatan dari kita untuk kita. Oleh karena itu jika ada kekurangan dalam kegiatan mohon dimaafkan,” katanya lagi.

Ridwan mengatakan tahun ini Kemenag Bintan akan merekrut ulang penyuluh agama agar lebih baik kualitasnya.  Dia menjelaskan Indonesia adalah bangsa besar yang baru saja menyelesaikan hajatan besar Pemilu 2024. Suasana yang tetap aman, damai dan harmonis di tengah perbedaan  pilihan patut disyukuri sebagai bentuk nikmat Allah Swt.

“Sekedar informasi untuk calon jemaah haji Bintan sudah terlayani dengan optimal dan siap untuk mengikuti manasik haji. Masih tersisa tiga orang jemaah yang sedang dipantau kondisi kesehatannya agar memenuhi syarat istithaah,” imbuhnya.

Kemenag Bintan juga melakukan tugas pembinaan Baznas Bintan yang saat ini sudah semakin baik performanya. Zakat adalah potensi umat Islam yang besar kontribusinya dalam pengembangan ekonomi umat Islam.

Ridwan menyebut tanah-tanah wakaf di Bintan juga terbilang besar. Terdata ada 90 hektar lahan wakaf di Bintan yang harus dioptimalkan oleh nadzir wakaf agar semakin berdaya bagi umat Islam. Jika zakat dan wakaf optimal maka berpotensi membantu perekonomian umat Islam.

Dalam bidang kehidupan umat beragama masyarakat diminta untuk meningkatkan kolaborasi dengan KUA kecamatan. KUA Kecamatan memiliki 11 tugas di tengah masyarakat yang demikian kompleks.

Kegiatan ditutup dengan dialog bersama masyarakat. Pertanyaan masyarakat seputar usulan untuk menyelenggarakan pendidikan diniyah Alquran di Kelong dan sekitarnya, pengukuran arah kiblat dan pengamanan dokumen masjid.

Melalui pesan singkatnya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin yang sedang bertugas di Batam mengatakan Kemenag Bintan Menyapa bersama FKPP Bintan adalah inovasi kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir.

“Kemenag Bintan Menyapa menjadi momentum yang baik bagi masyarakat untuk mendapatkan berbagai diseminasi informasi pelayanan yang diberikan Kantor Kemenag Bintan sekaligus menyampaikan umpan balik bagi penyempurnaan layanan yang kami lakukan secara berkesinambungan,” ujar Erman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik