Berita

Kemenag Bintan Gelar Giat Ukhuwah Tahun Baru Hijriyah Bersama Purna Bakti Se Pulau Bintan

Jumat, 12 Juli 2024 21:20 WIB
  • Share this on:

Kemenag Bintan Gelar Giat Ukhuwah Tahun Baru Hijriyah Bersama Purna Bakti Se Pulau Bintan

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan sukses gelar pertemuan para pensiunan dengan tajuk merajut ukhuwah di tahun baru Hijriyah bersama purna bakti Kementerian Agama se Pulau Bintan Jumat, 12 Juli 2024. Kegiatan digelar Jumat, 12 Juli 2024 di aula Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan segala kemajuan yang dicapai oleh Kementerian Agama berkat perjuangan dan doa para pegawai Kemenag di masa lalu. Dia menyebut menjadi insan Kementerian Agama memiliki banyak keistimewaan, selain terus didorong untuk ikhlas beramal juga para pensiunannya banyak yang menduduki posisi penting di tengah masyarakat.

“Di Kepulauan Riau ada pensiunan yang menjadi Ketua FKUB Provinsi, Ketua FKUB Kabupaten Bintan, Ketua Baznas Provinsi, Ketua Baznas Kabupaten, Ketua BWI Provinsi, Ketua BKMT dan sederet jabatan lainnya,” ujar Erman Zaruddin.

“Dalam catatan kami setidaknya terdapat 40 orang pensiunan Kemenag yang masih menetap berdomisili di Pulau Bintan yang berhasil kita kumpulkan pada hari ini. Jika ada kesempatan nanti akan saya sampaikan kepada Kakanwil Kemenag Kepri untuk menggelar kegiatan sejenis pada level Provinsi Kepri,” ujarnya.

Erman melaporkan sejumlah capaian dan pembangunan yang sedang berlangsung saat ini kepada pensiunan yang hadir. Diantara pembangunan yang sudah diselesaikan dalam kurun lima tahun terakhir antara lain SBSN Kantor KUA Bintan Timur, SBSN Kantor KUA Bintan Pesisir, SBSN Kantor KUA Toapaya, dan SBSN Kantor KUA Seri Kuala Lobam.

“Dan pada tahun ini kita sedang membangun sejumlah sarana dengan skema SBSN antara lain SBSN Kantor KUA Mantang, SBSN 6 Ruang Kelas di MTs Negeri Bintan dan SBSN Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT),” ucapnya.

“Sengaja kami menggelar kegiatan ini sebagai bentuk ukhuwah dan silaturahmi sekaligus menjawab kerinduan kita kepada sesama rekan kerja di masa lalu,” imbuhnya.

Berbagai apresiasi diberikan oleh para pensiunan. Antara lain disampaikan oleh H. Arusman Yusuf yang merupakan mantan Kepala Kantor Kemenag Bintan yang saat ini menjabat Ketua Baznas Kepulauan Riau. Arusman mengatakan sudah banyak kemajuan yang ditorehkan oleh ASN Kemenag Bintan.

Arusman berharap agar setelah ini selalu ada pertemuan minimal setahun sekali bagi para pensiunan untuk bersilaturahmi khususnya di Pulau Bintan.

“Dari pertemuan yang kecil semoga dapat merajut silaturahmi dan ukhuwah lebih luas. Segala bentuk kolaborasi program antara Kemenag Bintan dengan Baznas Provinsi Kepulauan Riau siap kita bantu,” ucap Arusman.

“Kami mengapresiasi kepada Kepala Kemenag Bintan yang sudah menggagas pertemuan ini. Teruslah memberi pelayanan kepada umat dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

Sementara itu, dalam tausiyahnya Ketua STAIN SAR Kepri, Muhammad Faisal mengatakan kolaborasi Kemenag Bintan dengan STAIN SAR Kepri bisa terus ditingkatkan, utamanya dalam meningkatkan kualitas SDM. Dia berharap ASN Kemenag Bintan terus bisa meningkatan kualitas kinerja yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Faisal mengatakan STAIN SAR Kepri terus berevolusi meningkatkan statusnya menjadi IAIN.

“Proposal STAIN SAR Kepri menjadi IAIN sudah berada di meja Menteri Agama, dan kita menunggu respon baiknya. Banyak kendala dan kekurangannya, tetapi kita kebut terus. Targetnya tahun depan kita bisa memiliki 30 orang doctor yang aktif mengajar di STAIN SAR Kepri,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik