Berita

Kemenag Bintan Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Haji 1445 H

Selasa, 23 Juli 2024 20:47 WIB
  • Share this on:

Kemenag Bintan Gelar Evaluasi Penyelenggaraan Haji 1445 H

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1445 H/ 2024 M. Rapat dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk, Selasa, 23 Juli 2024. Hadir dalam rapat evaluasi Kabag Kesra Bintan, H. Nasrullah, Penanggung Jawab Kesehatan Haji Dinkes Bintan, Syahbudin, Ketua IPHI Bintan, para ketua regu dan ketua rombongan jemaah haji asal Bintan.

Dalam arahannya, Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan dari kuesioner yang diisi oleh para jemaah, rating pelayanan di Debarkasi Batam mendapat nilai baik sekali dengan nilai 4,3 dari rentang maksimal 5.

Meski mendapat penilaian yang baik, Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya meningkatkan layanan ibadah haji. Dari hasil evaluasi pusat, Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama (Menag) Isfah Abidal Aziz menyampaikan arahan penyelenggaraan haji untuk tahun mendatang.

Erman menyebut isthithaah kesehatan haji di Kabupaten Bintan sudah berlangsung dengan baik sehingga menjadi salah satu faktor kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Sesuai dengan arahan stafsus Menag ke depan identifikasi jumlah jemaah yang ikut tanazul dan skema murur cepat dilakukan dengan sistem yang akan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Untuk mempercepat identifikasi layanan jemaah tersebut, pemerintah akan membuat sistem terintegrasi yang akan diisi oleh Ketua Kloter. Sistem akan berisi layanan berdasarkan permintaan (based on request) para jemaah.

Dengan adanya sistem terintegrasi tersebut, identifikasi jemaah yang butuh perlakukan khusus dapat dipersiapkan dari awal, termasuk jemaah pengguna kursi roda. Mulai dari embarkasi saat keberangkatan, selama di perjalanan menuju Arab Saudi, hingga kepulangan kembali ke Tanah Air.

Di fase persiapan daerah, Erman menyayangkan tidak adanya manasik haji yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan.

Sementara itu, Kabag Kesra Bintan, Nasrullah mengatakan Pemkab Bintan berkomitmen untuk meningkatkan layanan kepada jemaah haji Bintan. Komitmen itu ditunjukkan dengan peningkatan fasilitas seperti semakin mendekatkan jemaah haji dengan layanan kesehatan, transportasi dan akomodasi selama di Embarkasi Batam.

Hatiman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik