Berita

Kemenag Bintan Gandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip Wujudkan Perpustakaan Masjid yang Paripurna

Selasa, 11 Juni 2024 14:15 WIB
  • Share this on:

Kemenag Bintan Gandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip Wujudkan Perpustakaan Masjid yang Paripurna

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Bintan menggandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bintan untuk mewujudkan perpustakaan masjid yang paripurna di Kabupaten Bintan. Pertemuan antara Kepala Kantor Kemenag Bintan dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bintan sudah berlangsung Selasa, 11 Juni 2024 di Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk.

Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan perlu disusunnya kesepakatan bersama yang mengatur tentang kemitraan bersama dalam meningkatkan pemahaman tentang tata kelola perpustakaan masjid di Bintan.

“Dengan demikian kita semakin dapat mengoptimalkan keberadaan perpustakaan masjid yang sudah ada dengan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki kedua belah pihak,” ujar Erman.

“Masjid menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat sebagai tempat ibadah lima kali dalam sehari sehingga keberadaan perpustakaannya perlu dioptimalkan,” ucap Erman.

Dengan adanya 200 masjid di Kabupaten Bintan lengkap dengan perpustakaan yang memadai akan semakin mencerdaskan umat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bintan, Hasfi Handra mengatakan pihaknya sudah menjalin kerjasama sejenis dengan berbagai instansi di Bintan. Diantaranya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bintan untuk meningkatkan literasi dan minat baca siswa SD dan SMP, Dinas PMD untuk mengoptimalkan anggaran desa dalam bidang literasi, dan radio Bintan.

Untuk itu menurutnya pihaknya akan segera menghadap Sekda Kabupaten Bintan untuk melaporkan rencana kerjasama tersebut.

“Kita akan pelajari polanya, karena kami sudah melakukan kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bintan untuk menyediakan 300 judul buku setiap enam bulan dan akan ditukar dengan judul buku baru secara berkala. Hal yang sama kemungkinan bisa dilakukan untuk masjid,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik