Berita

Kemenag Bintan Aktif Usulkan Kebutuhan Formasi Pegawai

Sabtu, 27 Januari 2024 22:28 WIB
  • Share this on:

Kemenag Bintan Aktif Usulkan Kebutuhan Formasi Pegawai

Kemenag Bintan (Humas)-- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kemenag Kepri) terus berupaya memastikan tidak ada lagi kekurangan SDM di setiap satuan kerja (satker) melalui penyusunan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. 

Formasi CASN 2024 ini dimaksudkan untuk mengisi kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

Kepala Bagian Tata Usaha, Abu Sufyan, menjelaskan bahwa formasi PPPK khusus ditujukan bagi pelamar non ASN. Sementara formasi CPNS lebih difokuskan pada pelamar umum, terutama para fresh graduate. Kedua formasi tersebut diarahkan untuk mendukung program transformasi layanan digital dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang digagas pemerintah.

Abu Sufyan menyampaikan bahwa untuk PPPK, data seluruh non ASN dikumpulkan dan diusulkan, kemudian disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan dan jabatan yang dibutuhkan di masing-masing unit kerja. Dia menegaskan bahwa setelah proses penyusunan ini selesai, diharapkan tidak akan ada lagi kekurangan tenaga di tiap satker.

Sebanyak 58 peserta dari Kantor Wilayah, Kemenag Kabupaten/Kota, dan Madrasah Negeri terlibat dalam kegiatan ini dari tanggal 23 sampai 25 Januari 2024. Finalisasi ini dilaksanakan di Hotel Golden View Batam oleh Bagian Tata Usaha Kemenag Kepri.

Kantor Kemenag Bintan dalam kesempatan tersebut mengusulkan kebutuhan pegawai untuk Seksi Haji 3 formasi, Tata Usaha 5 formasi, Zakat Wakaf 4 formasi, Bimas Islam 3 formasi, Pendidikan Madrasah 1 formasi, PD. Pontren 1 formasi, dan PAIS 1 formasi.

Selain itu diusulkan pula Penyuluh Agama Islam 20 formasi, Penghulu 6 formasi, pegawai pada MAN Bintan 4 formasi, pegawai MIN 1 Bintan 2 formasi, Penyuluh Agama Buddha 5 formasi, Guru Agama Buddha 5 formasi, Guru Kristen 2 formasi, dan Penyuluh Katholik 4 formasi.

“Sehingga dengan demikian jumlah total pengusulan 67 orang CPNS,” kata Syahjohan, Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bintan kepada media ini.

Selain itu, kata Syahjohan Kemenag Bintan juga mengusulkan formasi 85 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik