Berita

Kegiatan Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP Digelar di MAN Bintan

Selasa, 27 Pebruari 2024 22:01 WIB
  • Share this on:

Kegiatan Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP Digelar di MAN Bintan

Kemenag Bintan (Humas) – Kegiatan Kemenag Bintan Menyapa bersama FKPP Kabupaten Bintan 2024 kembali digelar di Bintan Timur. Pada kegiatan putaran 4 dilaksanakan pada Selasa, 27 Februari 2024 di MAN Bintan.

Kepala Seksi PHU Kemenag Bintan, H. Muhammad Ridwan mengatakan sejak 20 Februari, kegiatan Kemenag Bintan Menyapa bersama FKPP telah dilaksanakan di ponpes Darussilmi, Ponpes Idris dan Kantor Camat Bintan Pesisir.

“Insyaallah kegiatan ini akan berlanjut hingga 5 maret 2024. Kita berharap kegiatan ini menjadi momen yang paling baik untuk menerima masukan dari masyarakat. Selain itu FKPP dapat memperkenalkan ponpes yang ada di Kabupaten Bintan kepada masyarakat, sesuai harapan Kakan Kemenag untuk menjadikan Kabupaten Bintan menjadi kota santri,” ujar Ridwan.

Dalam sambutannya, Kepala MAN Bintan, Zulfahmi mengucapkan terimakasihnya telah hadir di MAN Bintan dalam rangka kegiatan Kemenag Menyapa Bersama FKPP Kabupaten Bintan.

“Kami selaku tuan rumah menyambut dengan baik, hanya ini yang dapat disungguhkan dan mohon maaf apabila adanya kekurangan,” ucapnya.

Sementara itu, dalam arahannya Kepala Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan kegiatan dilaksanakan di MAN Bintan dengan harapan semakin banyak siswa yang MAN Bintan.

“Kita harus belajar. Ciri khas madrasah wajib kita unggulkan, jika tidak tampak, maka masyarakat tidak akan pernah tau. Wacana terbaru KUA akan dijadikan pencatatan semua agama bukan hanya agama Islam, namun kita lihat saja kedepannya,” ujar Erman.

Perkembangan pondok pesantren juga sukup pesat di Bintan.

“Alhamdulillah sejak saya duduk di Bintan, sudah ada tambahan 10 pondok, belum ditambah yang belum dapat izin. Saat ini harus mendapatkan izin dari pusat yang nantinya akan mengeluarkan SK, karena ingin pondok itu memiliki standar pendidikan,” ujarnya lagi.

Pondok merupakan sekolah pertama yang ada sebelum sekolah lain ada. Namun di masa lalu belum dipandang sampai saat ini sudah terbit undang-undang pesantren. Seluruh tamatan pondok sudah bisa melanjutkan perguruan tinggi.

Dengan adanya 16 pondok di Bintan sama dengan 60 pondok di Batam, karenakan lahannya yang luas. Pondok pesantren bervariasi, ada yang tradisional dan modern.

“Masyarakat harus kita perkenalkan dengan pondok pesantren. Kita lakukan kegiatan ini untuk pengenalan MAN, dan pondok kepada masyarakat. PR kita untuk menjadi lebih menonjol dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Dibutuhkan input, proses bagus baru output bagus. PR kita juga utk menarik minat masyarakat,” ucapnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik