Berita

Kasi PHU Kemenag Bintan Hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing

Kamis, 8 Pebruari 2024 14:26 WIB
  • Share this on:

Kasi PHU Kemenag Bintan Hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Bintan menghadiri kegiatan rapat koordinasi antisipasi penanganan orang asing. Kantor Kemenag Bintan merupakan salah satu dari Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Bintan. Rapat digelar di Tanjunguban. Rapat koordinasi dalam rangka mengantisipasi keterlibatan WNA pada Pemilu 2024. Rakor ini berlangsung di Melayu Berdendang, Tanjunguban Selatan, Kabupaten Bintan, Selasa (6/2/2024).

Kepala Seksi Inteldakim Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban, Zulkifli, menyampaikan beberapa potensi kerawanan Pemilu 2024 terkait keberadaan orang asing. Sehingga perlu dilakukan antisipasi agar daerah ini tetap kondusif, karena orang asing tidak punya hak pilih dalam Pemilu.

Namun terdapat orang asing yang memiliki ITAP, juga orang asing yang terlibat dalam kampanye, termasuk jurnalis asing yang meliput Pemilu wajib memiliki visa khusus.

Selain itu, keberadaan orang asing, yang dapat berimbas pada tindakan spionase, terorisme global, separatisme, sabotase dan lainnya.

"Perlu diantisipasi, salah satu yang sudah dilakukan pihak Imigrasi Tanjunguban, dengan menginformasi kepada pihak perusahaan, untuk melakukan kroscek terkait identitas WNA yang ada di perusahaan mereka," katanya.

Sementara itu, Irwanto Suhaili, Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Kepri, mengatakan Timpora dibentuk untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap orang asing secara konfrensif, baik mulai tingkat pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa hingga tingkat RT.

Hal tersebut, untuk menjaga daerah, agar semakin kondusif dengan mengantisipasi potensi kerawan-kerawanan.

"Semua stakeholder harus berklaborasi dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Demi menjaga kondusifnya daerah ini," harapnya.

Dalam rapat Timpora tersebut, turut dihadiri perwakilan TNI-Polri, perwakilan Kesbangpol Bintan, Dinas Tenga Kerja, Pangkalan PLP Tanjunguban, Syahbandar, perwakilan Camat Bintan Utara, Serikuala Lobam, hingga Kepala Desa, Lurah dan unsur lainnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik