Berita

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Pembinaan Masjid Percontohan di Kijang

Kamis, 8 Agustus 2024 15:51 WIB
  • Share this on:

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Pembinaan Masjid Percontohan di Kijang

Kemenag Bintan (Humas) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Bidang Masyarakat Islam (Bimas) menyelenggarakan Pembinaan Masjid Percontohan di Kabupaten Bintan. Kegiatan digelar di Masjid Besar Nurul Iman Kijang Kecamatan Bintan Timur, Rabu, 7 Agustus 2024.

Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, H. Edi Batara, mewakili Kakanwil menjelaskan perihal masjid percontohan. Dia mengatakan untuk menjadikan masjid sebagai percontohan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemenag RI.

Edi mengatakan kegiatan seperti ini telah dilakukan di beberapa kabupaten/kota di Kepulauan Riau untuk mengakselerasi masjid percontohan di Kepri meliputi Batam, Karimun, Tanjungpinang dan Bintan.

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI akan menyelenggarakan kegiatan Masjid Percontohan Award pada Oktober 2024 mendatang. Untuk itu, tim Kemenag akan melakukan peninjauan lapangan di sejumlah lokasi.

Penilaian dilakukan sesuai dengan Keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor 463 Tahun 2024 tentang petunjuk pelaksanaan Masjid Ramah. Di samping itu harus memenuhi regulasi kemasjidan antara lain meliputi idarah (kepengurusan masjid, program kerja, administrasi dan pelaporan), imaroh (pelaksanaan ibadah, PHBI, kegiatan remaja masjid, pengelolaan zakat dan sedekah, riayah (pengelolaan sarpras, menejemen aset, kebersihan dan keamanan masjid).

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Bintan, Muhammad Hasbi menjelaskan tentang Kategori dan Tipologi Masjid sesuai Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 89 Tahun 2006 tentang petunjuk teknis kategori dan Tipologi Masjid sebagai berikut,

- Masjid Nasional yaitu Masjid Al Akbar Surabaya yang merupakan Masjid Tipologi Nasional.

- Masjid Raya untuk tingkat Provinsi

- Masjid Agung untuk tingkat Kabupaten/Kota

- Masjid Besar untuk tingkat Kecamatan

- Masjid Jami untuk tingkat Kelurahan/Desa.

Selain itu ada kategori masjid sejarah, masjid negara, masjid area publik dan masjid pendidikan. Hasbi berharap melalui kegiatan ini KUA Kecamatan di Bintan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari itu diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari 17 orang dari utusan pengurus masjid, ormas dan unsur Bimas Islam 3 orang.

Parman Effendi.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik