Berita

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Dialog Ormas Islam di Kijang

Rabu, 24 Juli 2024 11:25 WIB
  • Share this on:

Kanwil Kemenag Kepri Gelar Dialog Ormas Islam di Kijang

Kemenag Bintan (Humas) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan Dialog Ormas Keagamaan Islam. Kegiatan yang ditaja oleh Bidang Bimas Islam itu digelar aula Kantor Urusan Agama (KUA) Bintan Timur, Kijang, belum lama ini.

Salah satu peserta kegiatan, H. Parman Effendi yang merupakan ASN pada Kantor Kemenag Bintan mengatakan peserta kegiatan berjumlah 25 orang yang terdiri dari utusan Organisasi Masyarakat (Ormas) Keagamaan Islam yang berada di Kabupaten Bintan seperti FKUB, IPHI, BKMT, FKPQ dan Saudara Baru serta unsur dari Bimas Islam.

Sementara itu, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, H. Edi Batara dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai sarana untuk memberikan pencerahan kepada Pengurus Ormas Keagamaan Islam agar dapat menjaga kondisi yang harmonis dan rukun baik sesama pemeluk agama (intern) maupun antar pemeluk agama yang berbeda keyakinannya (ekstern). Dan juga yang tak kalah penting yaitu dengan Pemerintah.

Dia mengharapkan kepada Pengurus Ormas Keagamaan itu lebih peduli lagi kepada masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan.

“Walaupun bantuan mungkin sifatnya kecil menurut kita tapi itu sangat berarti mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Kegiatan menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Ketua FKUB Provinsi Kepri H. Handarlin Umar, Ketua MUI Provinsi Kepri KH. Bambang Maryono, dan Ketua Rumah Moderasi Beragama STAIN Sultan Abdul Rahman Kepri, Zulfa Hudiyani.

Pada kesempatan it, Handarlin mengapresiasi kegiatan tersebut karena wujud kesungguhan dari Kanwil Kemenag Kepri untuk menciptakan kerukunan yang telah ada di bumi Melayu ini walaupun masyarakatnya heterogen.

Zulfa Hudiyani, yang juga sebagai dosen STAIN SAR Kepri menjabarkan tentang Moderasi Beragama, diantaranya bahwa indiukator Moderasi Beragama meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan amah terhadap tradisi dan budaya.

Parman.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik