Berita

Kantor Kemenag Bintan Gelar Bimbingan dan Pembinaan Karu dan Karom 1445 H

Senin, 6 Mei 2024 14:48 WIB
  • Share this on:

Kantor Kemenag Bintan Gelar Bimbingan dan Pembinaan Karu dan Karom 1445 H

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan pembinaan Karu dan Karom Jemaah Haji Kabupaten Bintan tahun 1445 H/2024 M. Kegiatan dilaksanakan selama sehari, Senin, 6 Mei 2024 di aula Kantor Kemenag Bintan.

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik yang prima mengingat ibadah haji merupakan ibadah fisik. Namun yang lebih penting dari kesiapan fisik, adalah kesiapan mental berupa sikap ikhlas atas seluruh penyelenggaraan ibadah haji.

Sikap ikhlas dibutuhkan bukan saja dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji secara pribadi, para Karu dan Karom akan melaksanakan tugas membantu jemaah lainnya. Pemerintah tahun ini mengusung tagline Haji Ramah Lansia.

”Secara prinsip tugas Karu dan Karom adalah membantu petugas Kloter. Dibutuhkan keikhlasan yang luar biasa karena kita juga berhak untuk melaksanakan ibadah,” ujar Erman Zaruddin.

Secara spesifik tugas Karu adalah membantu pelaksanaan tugas Ketua Rombongan, petugas yang menyertai jamaah (Petugas Kloter) yang bertugas di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan, konsumsi dan pelayanan kesehatan.

Dengan demikian tugas ketua regu adalah meneruskan informasi dan pengumuman atau petunjuk-petunjuk dari Karom dan petugas Kloter, mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar, baik selama dalam perjalanan maupun dalam melaksanakan ibadah haji  dan menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada Ketua Rombongan.

Sementara itu tugas ketua rombongan adalah membantu pelaksanaan petugas yang menyertai jamaah (Petugas Kloter) yang bertugas di bidang pelayanan umum, ibadah dan kesehatan konsumsi dan pelayanan kesehatan.

Para Karom memiliki banyak fungsi, antara lain meneruskan informasi dan pengumuman atau petunjuk-petunjuk petugas Kloter, mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar, baik selama dalam perjalanan maupun dalam melaksanakan ibadah haji, menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada petugas Kloter, mengatur, membantu dan menjaga anggota regunya agar tetap utuh, aman, tertib dan lancar, baik selama dalam perjalanan maupun dalam melaksanakan ibadah haji, dan menyelesaikan atau melaporkan permasalahan kepada petugas kloter.

Apresiasi diberikan oleh Karu dan Karom atas penyelenggaraan kegiatan pembinaan. Misalnya Ketua Regu 1, Muklis Sunarto yang sangat berterima kasih atas penyelenggaraan kegiatan sebagai pembekalan. Pembekalan sebagai motivasi kepada Karu dan Karom untuk tetap ikhlas dalam membantu jemaah haji dalam menjalankan ibadah haji.

“Karu dan Karom akan berperan besar bagi seluruh jemaah dalam melaksanakan ibadah. Oleh karena itu kami berharap pembekalan ini tetap diberikan terutama untuk memberikan penjelasan perkembangan perhajian di Tanah Suci,” ucap Muklis Sunarto.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik