Berita

Kakan Kemenag Pimpin Rapat Kinerja Bimas Islam

Kamis, 22 Pebruari 2024 17:33 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Pimpin Rapat Kinerja Bimas Islam

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin memimpin rapat terbatas bersama Kepala KUA se Bintan untuk membahas sasaran dan capaian kinerja 2024 dilingkungan Seksi Bimas Islam. Hadir dalam rapat antara lain Kasi Bimas Islam Kemenag Bintan, para Kepala KUA se Bintan dan sejumlah penghulu. Rapat dilaksanakan di aula Kantor Kemenag Bintan, Rabu, 21 Februari 2024 sore.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan sesuai dengan petunjuk Menteri Agama yang disampaikan pada Rakernas 2024 setiap kegiatan Kemenag diharapkan berdampak positif bagi masyarakat. Keterbatasan anggaran diharapkan tidak menjadi penyebab hilangnya pembinaan dan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Seperti kegiatan Kemenag Bintan Menyapa Bersama FKPP adalah bentuk kolaborasi antara Kemenag Bintan dengan FKPP Kabupaten Bintan untuk memberikan sentuhan kepada masyarakat dan bukti bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat,” ujar Erman Zaruddin.

Melalui kegiatan Kemenag Bintan Menyapa dapat membantu tugas-tugas KUA Kecamatan dalam membangun komunikasi dengan pemerintah setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Saya selalu ilustrasikan bahwa kegiatan berdampak tidak berhenti pada input-proses-output saja, tetapi ada outcome, benefit dan impact yang nyata bagi masyarakat. Terbukti dari kegiatan Kemenag Bintan Menyapa dua pondok pesantren di Bintan dengan sangat terbuka memberikan akses pendidikan gratis bagi siswa miskin dan berprestasi asalkan ada keinginan,” imbuhnya.

Erman juga berpesan agar jajarannya sigap melakukan deteksi dini dan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

“Jika adalah masalah dengan ummat maka segera redam, selesaikan. Jika masyarakat dalam keadaan aman dan damai jangan timbulkan masalah baru. Jika masalahnya besar maka kecilkan, jika kecil maka padamkan, jika tidak ada masalah maka jangan timbulkan masalah baru,” pesannya dengan jelas.

Terkait dengan kinerja, Erman mengatakan kinerja akan berpengaruh pada berbagai aspek termasuk pada penilaian PMPZI. Maka capaian kinerja tidak bisa dianggap remeh karena memiliki keterkaitan yang panjang.

“Perjanjian kinerja perlu diseriusi. Berbuatlah berdampak kepada masyarakat. Jangan asal dilaksanakan saja. Perhatikan indikator kinerja yang ada. Jangan ada titik keterlambatan karena akan mempengaruhi kinerja orang lain karena saling terkait,” ujarnya lagi.

“Penuhi tata kelola persuratan agar administrasi semakin baik. Bagi PPPK perhatikan masa kerjanya. Bekerjalah dengan target-target tertentu sehingga dampaknya nyata. Atur waktu dengan baik-baik agar kinerja maksimal. Bagaimana kehidupannya tetap seimbang. Akselerasi 11 tugas KUA agar beririsan dengan perjanjian kinerja setiap ASN di KUA baik bagi penyuluh maupun penghulu,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik