Berita

Kakan Kemenag Bintan Sambut Kepulangan Jemaah Haji di Embarkasi

Minggu, 23 Juni 2024 16:13 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Sambut Kepulangan Jemaah Haji di Embarkasi

Kemenag Bintan (Humas) - Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin menyambut kepulangan jemaah haji asal Kabupaten Bintan di Embarkasi Batam, Sabtu (22/6/2024). Sebanyak 448 jemaah haji kelompok terbang (kloter) Debarkasi Batam (BTH) 01 telah tiba dengan selamat di Tanah Air, Sabtu (22/06/2024). Jemaah berasal dari Kepulauan Riau (Kepri) tepatnya dari Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna.

Setelah diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 12 Mei 2024 lalu dan mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji di sana, jemaah haji kloter BTH 01 mengakui inovasi layanan ramah lansia di tahun kedua ini memudahkan proses ibadah. Terutama dengan adanya Murur (skema pergerakan jemaah haji dari Arafah, melintas di Muzdalifah tanpa turun dari bus, dan langsung menuju Mina) dan Nusuk (kartu pintar khusus jemaah haji).

“Pelaksanaan haji banyak inovasinya. Antusiasme jemaah tinggi untuk ikut Murur, ada 125 jemaah kloter BTH 01 yang ikut Murur, sehingga tidak ada lagi keterlambatan dan crowded saat di Mina, jam 3 pagi sudah sampai di tenda Mina,” kata Zahid, Ketua Kloter BTH 01 mewakili para jemaah.

“Dengan adanya Nusuk pelaksanaan wukuf di Arafah menjadi lebih ketat, tanpa kartu ini tidak bisa jemaah selain visa haji yang menyelusup ikut ke dalam rombongan jemaah,” imbuhnya pada seremoni penyambutan jemaah haji yang bertempat di Aula Arafah I Asrama Haji BP Batam itu.

Jemaah juga mengapresiasi layanan konsumsi yang diterima selama tinggal di Madinah dan Makkah. Sebagaimana diketahui, berbeda dengan tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia tahun 1445 H/2024 M ini mendapat layanan konsumsi penuh selama di Tanah Suci.

“Apresiasi juga diberikan untuk makanannya, karena full disediakan oleh pemerintah Indonesia. Tanggal 9-13 Zulhijah saat puncak haji jemaah mendapat makanan siap saji, yang siap dibuka harus langsung dimakan,” ucapnya.

Meski terbilang sukses, Ketua Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam Mahbub Daryanto berharap kepada jemaah untuk memberi masukan kepada Kementerian Agama selaku penyelenggara ibadah haji jika menemukan kekurangan dalam pelayanan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kedepannya.

Hadir dalam seremoni penyambutan jemaah haji kloter BTH 01 tersebut Gubernur Kepri Ansar Ahmad beserta Wakil Gubernur Marlin Agustina, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, Walikota Batam Muhammad Rudi, serta Bupati dan perwakilan kepala daerah asal para jemaah haji kloter BTH 01. Tampak juga Kepala Kemenag Kabupaten/Kota dari daerah asal jemaah.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mewakili para kepala daerah dalam sambutan singkatnya mengungkapkan kebahagiaannya dapat menyambut para tamu Allah BTH 01. Sebagai informasi, di momen debarkasi ini para kepala daerah mengambil alih tanggung jawab pemulangan jemaah ke daerah asal masing-masing.

“Atas nama Provinsi Kepri para Bupati dan Wali kota ingin mengucapkan selamat datang dan kembali ke Tanah Air, semoga menjadi haji mabrur mabrurah,” ungkap Ansar.

Dengan predikat haji dan hajjah, Ansar berharap para jemaah bisa menjadi teladan di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. “Alangkah baiknya bisa menjadi contoh teladan di tengah masyarakat, di tengah keluarga, dan bisa menjadi setawar sedingin bagi masyarakat kita,” ucapnya.

Di kloter BTH 01 ini terdapat 1 jemaah yang wafat atas nama Hasan Saryo Surodiwiryo berasal dari Tanjungpinang. Hasan Saryo wafat dan dimakamkan di Sharae Makkah pada tanggal 16 Juni 2024 dalam usia 81 tahun.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik