Berita

Kakan Kemenag Bintan Pimpin Rapat Pembentukan Organisasi Muballigh Bintan

Selasa, 7 November 2023 18:49 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Pimpin Rapat Pembentukan Organisasi Muballigh Bintan

Kemenag Bintan (Humas)--- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin memimpin rapat untuk membahas pembentukan organisasi muballigh Bintan. Kegiatan dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Bintan, KH. Ahmadi. Hadir pula para Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Bintan lengkap dengan para penyuluhnya. Rapat digelar di aula Kantor Kemenag Bintan, Selasa, 7 Nopember 2023.

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan organisasi yang akan dibentuk diharapkan menjadi wadah bernaung para muballigh Kabupaten Bintan. Sebagai organisasi keagamaan Islam maka pembinaanya akan dilakukan baik oleh Kementerian Agama, Kesbangpol maupun MUI Kabupaten Bintan.

Kehadiran organisasi tersebut dianggap urgen mengingat peran muballigh di Kabupaten Bintan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kabupaten Bintan memiliki wilayah yang cukup luas sehingga membutuhkan organisasi muballigh yang akan mengatur tata kelola pembinaan umat Islam mulai dari hilir hingga ke hulu.

“Kementerian Agama Kabupaten Bintan sudah melakukan penandatanganan MoU dengan STAIN SAR Kepri untuk pembinaan umat beragama, sehingga pelibatan 100 orang dosen STAIN SAR Kepri dalam pembinaan umat dan keorganisasian dapat dilakukan. Saya menilai para dosen di STAIN SAR Kepri juga para muballigh yang aktif di tengah masyarakat,” jelasnya.

Soal penamaan organisasi dalam rapat juga muncul berbagai usulan nama yang mungkin dapat digunakan. Intinya peserta rapat menyepakati terbentuknya organisasi yang akan menjadi wadah para muballigh di Bintan.

“Harapannya dakwah di pulau-pulau yang jauh dapat terjangkau dan organisasi ini dapat menjadi wadah penyelesaian berbagai persoalan keummatan. Melalui wadah ini nantinya para muballigh dapat berdiskusi untuk merumuskan berbagai hal termasuk silabus yang akan digunakan dalam berdakwah,” ujar Erman.

“Nanti kita akan membentuk tim kerja yang akan merumuskan penamaan, AD/ART dan lain sebagainya. Organisasi ini juga akan melalui proses legal formal sehingga resmi dan diakui oleh negara. Setelah diakui tentu saja akan mendapatkan afirmasi pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MUI Bintan, KH. Ahmadi mengatakan hubungan ulama dan umara di Bintan sudah terjalin sangat baik. Hal itu dibuktikan misalnya ketika menghadapi pandemik dimana ulama dan umara bisa saling bekerja sama menyelesaikan berbagai masalah.

“Ulama dan umara merupakan mitra yang strategis. MUI Kabupaten Bintan menyambut baik lahirnya organisasi yang akan mewadahi para muballigh di Bintan,” imbuh Ahmadi.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik