Berita

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Rapat Outlook Kementerian Agama 2024 di Batam

Kamis, 8 Pebruari 2024 14:30 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Rapat Outlook Kementerian Agama 2024 di Batam

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengikuti kegiatan rapat yang membahas diseminasi hasil-hasil Rakernas 2024 di MTs Negeri Batam tadi malam, Rabu, 7 Februari 2024. Turut hadir dalam kesempatan tersebut seluruh pejabat administrator dan Kepala Kemenag di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto mengetengahkan sejumlah rekomendasi hasil-hasil Rakernas 2024 di Semarang yang lalu.

“Rakernas menghasilkan buku Outlook Kementerian Agama 2024 sebagai referensi bagi satker Kemenag dalam merumuskan program kerja yang harus dituntaskan tahun ini,” kata Mahbub mengawali arahannya.

Mahbub menyebutkan, ada 7 Program Outlook inovatif yang harus digarisbawahi untuk ditindaklanjuti di tahun 2024 ini. Program ini merupakan tujuan utama program sesuai arahan Menteri Agama untuk menyambut era baru transformasi Kemenag 2024.

Pertama, membangun ekosistem moderasi beragama yang ekspansif. Masing-masing kita memiliki peran strategis yang mempercepat pengarusutamaan Moderasi Beragama,” ucap Mahbub yang saat itu didampingi oleh Kabag TU Abu Sufyan.

Program Outlook kedua adalah meneguhkan politik kebangsaan. “Kita harus mengedepankan politik kebangsaan. Politik kebangsaan bersifat jangka panjang dan menjangkau jauh ke depan. Kemenag bersama ormas dan majelis agama terus mengimbau dan memberi penyuluhan agar agama tidak dipolitisasi,” tuturnya.

Ketiga, memenangkan pertarungan digital dengan mendekatkan umat dengan layanan Kemenag melalui Aplikasi Pusaka SuperApps. “Dengan aplikasi ini pelayanan Kemenag tak terikat waktu dan tempat sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik kapan pun dan di mana pun. Kita berkomitmen untuk mengubah wajah layanan agama menjadi lebih inklusif, responsif, dan progresif,” terangnya.

Keempat, mengembangkan layanan keagamaan premium yang terjangkau. ”Seperti halnya revitalisasi KUA, revitalisasi Badan Kesejahteraan Masjid. Semangat membangun rumah ibadah terus bertumbuh, peningkatan pelayanan haji dan layanan jaminan produk halal melalui sistem online sangat efektif dan efisien,” ujar Mahbub.

Kelima, layanan pendidikan diarahkan pada layanan pendidikan agama dan keagamaan yang inovatif dan transformatif. “Bentuk layanan pendidikan ini sebagai kelanjutan dari harapan tahun sebelumnya yang memotret pada peningkatan pemerataan pendidikan berkualitas dan berdaya saing dengan fokus pada transformasi kelembagaan pendidikan,” jelasnya.

Keenam, meningkatkan profesionalitas ASN Kemenag dengan menggiatkan pelaksanaan pengembangan kompetensi.

Ketujuh, mengoptimalkan dana umat untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan kaum dhuafa dengan pemetaan dan regulasi. “Perlu pemetaan agar tepat sasaran dan penguatan lembaga dana sosial keagamaan dengan sistem akreditasi guna membangun trust masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin menyambut positif arahan Kakanwil dan siap melaksanakan pada level Kabupaten Bintan. Erman menyebut transformasi digital di Kemenag Kabupaten Bintan khususnya tata kelola media dan publikasi sudah menunjukkan progres yang signifikan.

Hal itu ditandai dengan capaian trending topic akun twitter X Kemenag Bintan pada awal pekan kemarin untuk publikasi capaian prestasi secara nasional yang diumumkan dalam forum Rakernas 2024 di Semarang. Prestasi lainnya adalah capaian kontributor berita terbaik I dan tata kelola media sosial terbaik II di tingkat Kanwil.

“Dalam rangka penguatan program yang berdampak di Kabupaten Bintan, Erman Zaruddin mengatakan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw kemarin sudah dilaksanakan kegiatan Kemenag Manyapa bersama STAIN SAR di 9 kecamatan di Bintan. Sementara itu untuk menyemarakkan peringatan Isra Mikraj 1445 H akan dilaksanakan kegiatan Kemenag Menyapa bersama FKPP Kabupaten Bintan. Ini dilakukan untuk mendekatkan program Kementerian Agama Kabupaten Bintan di tengah masyarakat sekaligus melihat kondisi nyata,” ujar Erman.

Kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka penguatan moderasi beragama di masyarakat. Bersama FKUB Kabupaten Bintan juga akan dilakukan kegiatan bersama dalam rangka melestarikan kerukunan umat beragama di Bintan dan sekaligus penguatan Moderasi beragama.

“Bersama dengan FKUB Kabupaten Bintan, Kemenag Bintan akan turun ke sekolah dan madrasah untuk memberikan penguatan Moderasi beragama dan menjaga keharmonisan umat berama di Kabupaten Bintan khususnya untuk generasi Z,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik