Berita

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Rakernas Hari Kedua, Optimalisasi Peran Media Sosial Dan Reformmasi Birokrasi

Selasa, 6 Pebruari 2024 14:21 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Rakernas Hari Kedua, Optimalisasi Peran Media Sosial Dan Reformmasi Birokrasi

Kemenag Bintan (Humas)—Hari kedua pelaksanaan Rakernas Kementerian Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan mengikuti secara daring melalui platform Zoom. Di hari kedua pelaksanaan kegiatan, peserta diberikan materi optimalisasi media sosial dalam mendiseminasikan berbagai produk Kementerian Agama.

Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh Kemenag RI, Prof. H. Hilman Latief mengatakan media sosial memiliki peranan penting dalam mendiseminasikan berbagai produk Kemenag di tengah masyarakat.

Dia mengatakan jajaran Kemenag tidak memandang usia memerlukan media sosial untuk ikut membantu mendongkrak kinerja melalui kanal-kanal media sosial.

“Saya kira banyak ASN Kemenag yang merupakan generasi facebook saatnya bermigrasi ke platform media sosial lainnya yang lebih kekinian seperti Instagram. Saat ini seluruh platform media sosial sudah saling terhubung, sehingga memudahkan kita sebagai user. Saya kira untuk promosi berbagai produk yang kita hasilkan sangat bagus,” ujarnya.

Hilman mengatakan dalam menggunakan media sosial, Ditjen PHU sudah banyak mendiseminasikan berbagai regulasi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh dengan platform media sosial.

“Banyak konten yang sudah kita tiktokkan, misalnya pelimpahan porsi jemaah. Kalau medianya disampaikan secara tertulis maka akan kecil influencenya ke masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, ketika menyampaikan materi tentang bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak, Narasumber asal Menpan RB memberikan kabar gembira. Dia menyebut anomali data Kemenag saat ini sudah baik. Menurutnya jika Kemenag terus berbenah, maka dampaknya pada masyarakat akan sangat besar.

Oleh karena itu reformasi birokrasi diperlukan. Reformasi birokrasi menurutnya memiliki sejumlah tujuan antara lain untuk menata kembali tumpang tindih regulasi dan kebijakan, penyederhanaan proses bisnis, manajemen kinerja, pembagian kewenangan, relasi antar aktor, sistem merit, perampingan struktur organisasi, pengawasan, peningkatan kapasitas SDM, dan lain-lain.

Kepada media ini, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan fokus untuk tahun 2023 untuk kinerja kehumasan, diseminasi informasi dan pemberitaan sudah berhasil dilakukan. Keberhasilan itu dibuktikan dengan diraihnya penghargaan kontribusi berita terbaik tingkat Kanwil Kemenag Kepri oleh Kantor Kemenag Bintan pada tahun 2023 dengan jumlah berita 1.758 berita.

“Tinggal kita menyusun proyek perubahan yang akan kita laksanakan untuk tahun 2024 agar reformasi birokrasi terus berdampak. Sejumlah kegiatan kita siapkan seperti program Kemenag Menyapa, dan proyek-proyek perubahan dari tiap-tiap sektor atau unit kerja di Kantor Kemenag Bintan,” ujarnya lagi.

Proyek perubahan juga akan disiapkan di setiap unit kerja di lingkungan Kantor Kemenag Bintan seperti jemput bola layanan bidang haji, manasik haji sepanjang tahun yang semakin efektif, revitalisasi fungsi kampung zakat, dan kampung moderasi yang terus diperkuat.

“Seperti apa proyek perubahan yang terus diperkuat dengan pelibatan penyuluh agama PNS dan Non PNS sehingga jejaring pembinaan kepada masyarakat dalam rangka reformasi birokrasi yang berdampak nyata dan dirasakan masyarakat,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik