Berita

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Benchmarking Kerukunan Umat Beragama

Rabu, 28 Agustus 2024 13:15 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Ikuti Benchmarking Kerukunan Umat Beragama

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin mengikuti kegiatan benchmarking kerukunan umat beragama dalam sharing session implementasi kerukunan di tempat ibadah dan peningkatan indeks kerukunan umat beragama.

Kegiatan yang bertajuk benchmarking kerukunan umat beragama bagi jajaran Kanwil Kemenag DIY itu dilaksanakan Selasa, 27 Agustus 2024 di aula Kanwil Kemenag Kepri.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, H. Mahbub Daryanto mengatakan kearifan lokal menjadi modal yang penting dalam menjaga kerukunan di Kepulauan Riau.

Kearifan lokal merupakan salah satu pilar moderasi beragama. Sebagai informasi, 4 pilar moderasi beragama antara lain, komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, akomodatif terhadap budaya (kearifan lokal).

Namun tidak hanya bergantung pada kearifan lokal, kerukunan yang tercipta di Kepri juga lahir dari sikap toleransi umat beragama, kolaborasi antar stakeholders, dan peran tokoh agama dan masyarakat.

“Tidak ada diskriminasi dalam pemberian layanan ibadah. (Kepri) tidak ada membangun sekat-sekat perbedaan. Kami selalu mengajak teman-teman di KUA (Kantor Urusan Agama) dan madrasah untuk ayo sama-sama kita tingkatkan layanan di tusi masing-masing,” ucap Mahbub di Aula Kanwil Kemenag Kepri.

Senada, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kepulauan Riau, H. Handarlin Umar mengatakan dalam melestarikan kerukunan umat beragama di Kepulauan Riau dilakukan dengan berbagai pendekatan baik secara formal seperti sosialisasi, maupun informal dengan ngopi bersama diantara tokoh umat beragama.

“Dalam keseharian orang Melayu, ngopi menjadi wadah komunikasi yang cukup efektif dalam membangun kebersamaan sekaligus memecahkan berbagai masalah dengan dialog yang santai tetapi efektif,” ujar Handarlin.

Sementara itu, Kabag TU Kanwil Kemenag DIY, Mutholib mengatakan kunjungannya bersama rombongan ke Kepulauan Riau dalam rangka mendalami pelestarian kerukunan umat beragama sebagaimana amanah Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X agar jajaran Kanwil Kemenag DIY belajar dari sejumlah provinsi seperti Kepulauan Riau, Bali dan NTT yang memiliki indeks kerukunan yang tinggi.

Dia mengatakan DIY seperti miniatur Indonesia perlu banyak dari daerah lainnya dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik