Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Wisuda Tahfidz Santri Ponpes Idris Bintan

Kamis, 6 Juni 2024 17:42 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Wisuda Tahfidz Santri Ponpes Idris Bintan

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri kegiatan wisuda tahfidz dan pelepasan santri kelas IX dan kelas XII Pondok Pesantren Idris Bintan di Kawal, Bintan. Kegiatan digelar Kamis, 6 Juni 2024 pagi.

Kegiatan bertema “Al-Quran dipeluk ilmu digenggam dan semaikan akhlak Rabbani.

Dalam sambutannya, Mudir Pondok Pesantren Idris Bintan, Suparman Manjan mengapresiasi walisantri yang telah menaruh kepercayaan kepada Ponpes Idris Bintan yang telah menitipkan anaknya dalam menuntut ilmu.

Apresiasi juga diberikan kepada asatidz yang telah siang malam membina dan mendidik serta melayani para santri selama pendidikan.

“Mohon maaf kepada walisantri jika ada kekhilafan selama proses pendidikan berlangsung. Apa yang dilakukan adalah dalam rangka mendidik anak agar menjadi pribadi yang berakhlakul karimah,” ujarnya.

Dia mengatakan para penghafal Al-Quran membutuhkan suasana yang mendukung untuk menjaga hafalannya. Jika di pondok ada para pembimbing yang akan mengontrol para santri, tetapi ketika di rumah orang tualah yang akan membimbingnya agar hafalannya tetap terjaga dan dapat membersamai ahlul Quran.

“Di usianya yang ke delapan, harapannya Ponpes Idris Bintan semakin maju dan berjaya. Kesuksesan pendidikan merupakan kontribusi tiga komponen penting, antara lain guru, santri dan orang tua santri,” ucapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Bidang Kesra, Mahadi Rahman dalam arahannya mengatakan dahulu mencari peserta MTQ di Kepulauan Riau sangat sulit karena terbatasnya jumlah santri. Namun sekarang jumlahnya sudah cukup banyak.

Mahadi mengatakan unsur dakwah akan tercipta jika masjid-masjid di Kepri memiliki imam-imam yang memiliki bacaan Al-Quran yang indah. Dia juga meminta doa restu untuk keikutsertaan santri asal Kepulauan Riau yang akan berlomba pada MTQ Internasional di Wasington DC, Amerika Serikat pada Juni ini.

“Dengan semakin banyaknya hafidz Quran di Kepri, Allah akan menjaga Kepri dari segala macam bahaya dan bencana sehingga penuh dengan keberkahan,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik