Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Industri di Bintan

Senin, 3 Juni 2024 13:21 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Industri di Bintan

Kemenag Bintan (Humas) - Kakan Kemenag Bintan hadiri Sosialisasi Fasilitasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Bintan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan itu digelar di aula BPMP Kabupaten Bintan, Senin, 3 Juni 2024.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Asy Syukri mengatakan sertifikasi halal bukan semata untuk memenuhi aspek kehalalan secara syariat, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas produk yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Diselenggarakannya sosialisasi dan fasilitasi sebagai prasyarat dilakukannya audit syariah terkait dengan kehalalan produk.

“Kita hadirkan 50 peserta yang merupakan pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bintan beserta stakeholders halal, tetapi ternyata yang datang sampai 80 orang, yang menandakan antusiasme pelaku usaha sangat tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bintan, M. Panca Azdigoena mengatakan pemerintah menaruh konsentrasi yang besar pada program sertifikasi halal. Pemerintah menurutnya terus mendorong pelaku usaha untuk mengantongi sertifikat halal bagi seluruh produknya agar memberikan rasa aman, nyaman dan mampu meningkatkan kualitas produk agar semakin diterima masyarakat.

Dia mengatakan Bupati Bintan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk termasuk produk halal dalam berbagai bentuk sosialisasi dan diseminasi.

“Sertifikasi halal menjadi simbol kualitas sehingga aman dikonsumsi. Pelaku usaha di Bintan memiliki tanggung jawab besar untuk menjamin standar kehalanan agar semakin digemari di pasar lokal dan pasar global,” ujarnya.

“Apresiasi kami berikan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah berkontribusi pada sertifikasi halal di Bintan. Harapannya agar semakin memberikan rasa aman dan nyaman kepada para konsumen. Sehingga kita dapat menjadikan sertifikasi halal sebagai standar jaminan produk halal. Saya minta lembaga terkait memberikan dukungan yang memadai dalam mewujdukan kehalalan produk di Bintan,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik