Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Seminar Nasional “Kerajaan Riau Lingga Era Sultan Abdurrahman Muazzam Syah II”

Sabtu, 4 November 2023 07:25 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Seminar Nasional “Kerajaan Riau Lingga Era Sultan Abdurrahman Muazzam Syah II”

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri kegiatan Seminar Nasional bertemakan “Kerajaan Riau Lingga Era Sultan Abdurrahman Muazzam Syah II” Yang Dipertuan Besar Riau Lingga 1885 – 1911. Kegiatan dilaksanakan di STAIN SAR Kepri, Jumat, 3 Nopember 2023.

Seminar menghadirkan Prof. Dr. Jajat Burhanuddin, Guru Besar UIN Jakarta dan Aswandi Syahri, Sejarawan Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan, Ketua STAIN SAR Kepri, Muhammad Faisal mengatakan ditilik dari sejarah terdapat keterputusan cerita tentang sosok Sultan Abdurrahman Muazzam Syah II yang berkuasa 1885 – 1911.

Era tersebut merupakan kepingan akhir dari cerita kegemilangan kejayaan Kerajaan Riau Lingga di masa lalu. Sehingga dia berharap seminar menggali kepingan cerita yang hilang tersebut.

“Cerita ini perlu kita sajikan kepada mahasiswa STAIN SAR Kepri sebagai penyambung estafet perjuangan para pahlawan dan tokoh terdahulu. Mahasiswa juga bertugas untuk mempelajari berbagai aspek yang melatarbelakangi cerita tokoh ini untuk merajutnya dalam sejarah Kepulauan Riau yang agung,” pintanya.

“Kita harap dibahas juga adanya pengaruh penjajah asing baik Belanda maupun Inggeris yang mempengaruhi keputusan politik yang diambil penguasa Melayu saat itu. Kampus kita sudah menggunakan nama besar Sultan Abdurrahman yang akan kita teruskan perjuangannya di masa depan,” imbuhnya.

Faisal berharap kegiatan pembahasan tentang sosok Sultan Abdurrahman Muazzam Syah II terus dihabas dalam berbagai seminar Setiap tahun demi menghadirkan sejarah yang lengkap tentang perjuangannya bagi peradaban Melayu. Hadir pula dalam kegiatan sastrawan Dato Rida K. Liamsi, pengamat politik Zamzami A. Karim, para pemerhati sejarah Kepulauan Riau, pihak terkait dan dosen STAIN SAR Kepri.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik