Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Sarasehan Bersama Ormas Dan Launching Sindikasi Media Keislaman

Selasa, 7 November 2023 10:05 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Sarasehan Bersama Ormas Dan Launching Sindikasi Media Keislaman

Kemenag Bintan (Humas)—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri Sarasehan Bersama Ormas dan Launching Sindikasi Media Keislaman yang mengangkat thema “Memperkuat Harmonisasi Dalam Keberagaman untuk Menghadapi Tahun Politik”.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara STAIN SAR Kepri dan Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Provinsi Kepri, Senin, 6 Nopember 2023 di Aula Razali Jaya, Kampus STAINS SAR Kepri, Ceruk Ijuk Bintan.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto mengatakan bukan hal yang tidak kita sadari bahwa keragaman budaya di Kepulauan Riau adalah wajah yang penuh warna yang tidak dapat dimanipulasi keragamannya. Dengan jumlah penduduk yang tersebar di 7 kabupaten/kota, masyarakat kita mendiami wilayah dengan kondisi geografis yang beragam pula.

Keragaman Kepulauan Riau bukan hanya dalam hal budaya saja, melainkan juga dalam hal agama dan keyakinan. Keragaman itu tentu saja memiliki risiko terjadinya konflik. Masyarakat Kepulauan Riau adalah masyarakat yang sadar akan budaya yang berbeda sehingga dengan semangat keragaman budaya justru akan menjadi benih harmoni.

Tahun 2024 merupakan tahun politik. Untuk memperkuat kerukunan umat beragama terus harmoni, eksistensi tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi sosial dan keagamaan hendaknya bertindak arif guna mempersempit ruang benturan antar individu atau golongan. Hal itu dapat dilakukan dengan mencegah tempat ibadah dijadikan sarana kampanye, menghindari black campaigne atau adu domba dan tidak meneruskan pesan hoaks.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin melalui media ini mengatakan indikator pemilu sukses diantaranya berjalan aman dan lancar, partisipasi yang tinggi, tidak terjadi konflik dan program pemerintah dapat terus berjalan.

Pembangunan paradigma multicultural menuju penyadaran keragaman telah dituangkan dalam PMA Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama 2020 – 2024. Pembangunan di bidang agama memiliki peran yang strategis dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi terhadap moderasi beragama dan paradigma multicultural dalam memahami serta menghayati makna kemajemukan sosial. Dengan demikian akan tercipta suasana kehidupan masyarakat yang toleran, tenggang rasa, harmonis dan memiliki komitmen yang kuat terhadap agama, bangsa, dan negara.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik