Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Pembukaan KURMA Fair 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 14:35 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Pembukaan KURMA Fair 2024

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri pembukaan KURMA Fair 2024. Kegiatan KURMA Fair 2024 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, Jumat, 15 Maret 2024.

Dalam sambutannya, perwakilan BI Kepulauan Riau mengatakan pertumbuhan ekonomi syariah mencapai 2,8 juta USD yang didorong oleh tingginya kontribusi sektor makanan dan minuman halal. Di dalam negeri pertumbuhan ekonomi syariah terus bertumbuh positif.

Sektor unggulan halal value changes di tahun 2023 tumbuh 3,39 % yang didorong oleh tingginya pariwisata halal yang seiring dengan capaian global muslims global index tahun 2023 yang menduduki peringkat pertama destinasi wisata halal global bersama Malaysia.

Pasca pandemi, katanya, ekonomi Kepulauan Riau juga mengalami pertumbuhan sebesar 5,25%. Angka tersebut adalah angka pertumbuhan tertinggi di Sumatera dan lebih tinggi dari nasional. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh sektor pariwisata dengan jumlah wisatawan dominan dari Malaysia dan Singapore.

Dia meyakini pertumbuhan ekonomi Kepri akan mengalami peningkatan di masa mendatang. Berdasarkan perhitungan BI, pertumbuhan ekonomi Kepri tahun ini akan tumbuh 5,58%. Prospek tersebut harus dioptimalkan dengan mendorong peran KDEKS Provinsi Kepri yang telah dibentuk 8 Juli 2023.

Melalui seminar internasional Produk Halal Go Global Navigating and Challenge di Gedung Daerah diharapkan menumbuhkan pertumbuhan industry halal yang kian berkembang. Pada Mei mendatang BI Kepri juga akan menggagas festival ekonomi syariah se Sumatera yang diharapkan menjadi momentum mengangkat UMKM untuk naik kelas.

Harapannya dengan peningkatan ekspor komoditas halal maka perekonomian warga dan kesejahteraannya akan meningkat. Jumlah populasi muslim dunia yang mencapai 2 miliar menjadi pasar baru. Halal menjadi indikator kebaikan.

Komoditas halal untuk seluruh manusia bukan saja umat Islam. Kajian keuangan syariah Bank Indonesia semakin positif mulai dari makanan, minuman, pakaian dan lain lain yang menyumbangkan pertumbuhan 4,7 - 5,5 %.

Hal itu merupakan dampak dari kewajiban sertifikasi halal, kampanye halal dan permintaan produk halal yang semakin meningkat.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik