Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Majelis Penganugerahan Gelar Adat kepada Kapolda Kepri

Selasa, 6 Agustus 2024 09:13 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri Majelis Penganugerahan Gelar Adat Kapolda Kepri

Dato Wira Perdana H. Erman Zaruddin yang juga merupakan Kepala Kantor Kemenag Bintan hadiri Majelis Istiadat Penganugerahan Gelar Adat kepada Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, oleh LAM Kepri di Balai Adat Seri Indera Sakti, Gedung LAM Kepri, Tanjungpinang, Senin (5/8). H. Erman Zaruddin juga bertugas memimpin doa pada gelaran tersebut.

Pada kesempatan itu Kapolda Kepri dianugerahi Gelar Datok Sri Indera Pahlawan, yang lebih kurang bermakna Pemimpin yang Mulia dan Pejuang yang Gagah Berani.

Hadir juga pada acara tersebut, Dato Seri Sakti Bhayangkara Utama, Wakapolri Agus Andrianto yang memasangkan tanda kebesaran adat berupa tanjak kepada Kapolda, serta Gubernur Ansar yang berkesempatan pemasangan selempang dan pingat.

Prosesi dimulai dengan pembacaan Warkah Petuah Adat, Warkah Pengistiharan, serta Warkah Penganugerahan Gelar Adat, pemasangan tanda kebesaran, serta tepuk tepung tawar.

Gubernur Ansar menyebutkan, penganugerahan ini sangat istimewa, diberikan kepada salah satu tokoh daerah yang telah menunjukkan dedikasi dan kontribusi luar biasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Negeri Segantang Lada.

"Saya dengan bangga menyampaikan bahwa gelar adat Melayu sangat pantas diberikan kepada seorang tokoh daerah yang telah berperan besar dalam mewujudkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Riau" ujarnya.

Menurut Gubernur, Kapolda Kepri Yan Fitri bukan hanya seorang pemimpin di tubuh Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, tetapi juga sosok yang senantiasa menjadi inspirasi bagi masyarakat Kepulauan Riau sebagai putera daerah yang telah berkontribusi dalam setiap pengabdiannya, khususnya di institusi Kepolisian Republik Indonesia.

"Oleh sebab itu, gelar kebesaran adat Melayu yang kita anugerahkan pada beliau hari ini adalah bentuk penghargaan tertinggi dari masyarakat Kepulauan Riau atas dedikasinya yang luar biasa," ucap Gubernur Ansar.

Sementara itu, Kapolda Kepri mengatakan, walaupun gelar ini terasa berat di bahu, namun ia optimis dapat memikulnya karena ini adalah amanah.

"Orang Melayu sangat memegang sifat amanah, taat, dan setia. Amanah mencerminkan iman dan takwa. Dengan penganugerahan gelar ini sebagai putra Melayu telah memahami gelar ini melekat dan di dalamnya terkandung doa dan harapan," ungkapnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik