Berita

Kakan Kemenag Bintan Hadiri FGD Passenger Exit Survey Dengan Tema Peran Vital Pelaku Usaha Dalam Perekonomian Bintan

Senin, 20 November 2023 15:45 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Hadiri FGD Passenger Exit Survey Dengan Tema Peran Vital Pelaku Usaha Dalam Perekonomian Bintan

Kemenag Bintan (Humas)— Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin mengikuti kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Passenger Exit Survey dengan tema utama Peran Vital Pelaku Usaha dalam Perekonomian Bintan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bintan itu diselenggarakan di Bintan Agro Resort, Teluk Bakau, Bintan, Senin, 20 Nopember 2023.

Kepala BPS Bintan, Nur Ikhlas mengatakan dalam rangka pemaparan hasil evaluasi Passenger Exit Survey (PES) dan peran penting perindustrian serta pengelolaan perhotelan dalam memotret pembangunan ekonomi di Kabupaten Bintan, BPS Bintan menggelar FGD tersebut.

Nur Ikhlas mengatakan peran UMKM dalam perekonomian Kabupaten memiliki peran yang cukup penting. UMKM berkontribusi dalam penyerapan mayoritas tenaga kerja jika dibandingkan dengan penyerapan sektor formal. Demikian pula kontribusi UMKM pada PDB nasional juga terus meningkat dan berdampak pada pemerataan sarana ekonomi rakyat kecil, mengentaskan kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dengan engagement digital.

Oleh sebab itu, penting untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi UMKM dan modal sosial yang ada di tengah masyarakat. Dalam Pengembangan UMKM tidak hanya bertumpu pada kebijakan, tetapi harus memperhatikan modal sosial yang ada di tengah masyarakat Kabupaten Bintan yang unik. Tujuannya tentu saja agar kebijakan yang diambil dapat dipahami dan diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan dan kearifan lokal yang ada di tengah masyarakat kita.

Sementara itu, Bupati Bintan, Roby Kurniawan dalam arahannya mengatakan data yang berkualitas akan membantu program dalam tagline Bintan Bangkit yang digagasnya terutama untuk membangkitkan spirit ekonomi dan pembangunan pasca pandemic.

Dia meminta seluruh jajaran dan stakeholder di Bintan untuk terus berkolaborasi, membangun partnership dan friendship untuk Indonesia yang lebih maju.

“Sinergitas dan kolaboratif perlu didukung untuk ekonomi lebih baik. Bintan maju dan Bintan rumah kita, Bintan bangkit,” kata Roby.

Kolaborasi kata Roby, menjadi kunci dalam mendorong indikator makro ekonomi yang merupakan indikator gabungan dari berbagai kegiatan pembangunan ekonomi maupun sosial. Indikator makro pembangunan tersebut terdiri dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, pendapatan per kapita, dan penurunan jumlah pengangguran.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin berkesempatan untuk menyerahkan buku tunggal karyanya di tahun ini dengan judul “Forum Kerukunan Umat Beragama Sebagai Pilar Penguatan Moderasi Beragama” kepada Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik