Berita

Kakan Kemenag Bintan Buka Kemenag Menyapa 2024

Selasa, 20 Pebruari 2024 15:16 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Buka Kemenag Menyapa 2024

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin membuka secara resmi kegiatan Kemenag Menyapa edisi 2024. Kegiatan Kemenag Menyapa bekerjasama dengan FKPP Kabupaten Bintan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussilmi, Toapaya, Bintan, Selasa, 20 Februari 2024. Hadir dalam pertemuan tersebut Sekcam Toapaya, sejumlah pejabat pengawas, Ketua FKPP Kabupaten Bintan, Mudhir PP Darussilmi, pimpinan pondok pesantren di wilayah Toapaya, Kepala Sekolah SD di Bintan, pengawas, dan undangan.

Ketua Panitia yang juga Kasi PD. Pontren Kantor Kemenag Bintan, H. Rostam Effendi mengatakan penyelenggaraan kegiatan Kemenag Menyapa bertujuan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat dan diharapkan berdampak langsung kepada masyarakat.

“Berbagai informasi bisa tersampaikan ke lapisan masyarakat paling bawah khususnya dalam edisi 2024 kita memperkenalkan eksistensi pondok pesantren lebih dalam kepada masyarakat,” ujar Rostam.

“Kegiatan dilaksanakan secara marathon sesuai jadwal dan kegiatan dilaksanakan dari kita untuk kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Imron Abdurrosyid selaku Mudhir PP. Darussilmi Bintan mengaku bahagia dengan kegiatan yang dilaksanakan. “Terima kasih atas pilihan Darussilmi Bintan sebagai lokasi penyelenggaraan Kemenag Menyapa,” imbuhnya lagi.

Imron mengatakan PP. Darussilmi berawal 2014 dengan tiga orang guru dengan jumlah santri awal hanya 6 orang. Saat ini lebih dari 500 santri asal Kepulauan Riau yang menimba ilmu di Darussilmi.  

Darussilmi memiliki tingkatan ula, wustha dan ulya. Darussilmi terbuka untuk masyarakat dalam berkegiatan terutama dalam pelaksanaan salat Jumat, fasilitas olah raga yang terbuka untuk masyarakat seperti lapangan futsal, dan lain-lain. Darussilmi hanya tertutup bagi asrama putri dengan protokol tertentu.

Dalam arahannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan Kemenag Menyapa edisi 2024 dilaksanakan bersama FKPP Kabupaten Bintan. Tahun lalu Kemenag Menyapa dilaksanakan bersama STAIN SAR Kepri untuk mengenalkan eksistensinya di tengah masyarakat Bintan.

Kemenag Menyapa diupayakan untuk dapat hadir di seluruh kecamatan di Bintan termasuk di Tambelan.

“Jika memungkinkan ke Tambelan untuk melihat berbagai dinamika keuammatan di sana,” ucapnya.

Erman mengatakan pembangunan umat beragama di Bintan terus berjalan. Beberapa KUA sudah dibangun dengan skema SBSN seperti KUA Toapaya, Seri Kuala Lobam, Bintan Pesisir dan Bintan Timur. Sementara itu akan segera menyusul SBSN PLHUT di Kemenag Bintan, dan SBSN KUA Mantang di tahun 2024.  

Dia mengaku gembira dengan perkembangan pondok pesantren di Bintan yang terus bertumbuh termasuk yang akan segera hadir pesantren Raja Haji Umar di Kecamatan Teluk Bintan dan pertama di Teluk Bintan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik