Berita

Kakan Kemenag Bintan Berikan Arahan pada Rapat Pembentukan LPPD Kabupaten Bintan

Selasa, 14 Mei 2024 19:48 WIB
  • Share this on:

Kakan Kemenag Bintan Berikan Arahan pada Rapat Pembentukan LPPD Kabupaten Bintan

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin memberikan arahan pada kegiatan rapat pembentukan LPPD Kabupaten Bintan sekaligus persiapan Pesparawi Provinsi Kepulauan Riau. Rapat digelar di aula Kemenag Bintan, Selasa, 14 Mei 2024. Hadir dalam rapat tersebut perwakilan gereja Aras Nasional, BKAG Kabupaten Bintan bersama Penyuluh Agama Kristen PPPK Kemenag Bintan.

Dalam arahannya, Kakan Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan agar berjalan dengan baik, organisasi keagamaan membutuhkan kebersamaan. Dia menjelaskan saat ini dalam organisasi Kantor Kemenag Bintan belum terdapat nomeklatur Penyelenggara Kristen, namun demikian Kemenag Bintan tetap memberikan pelayanan keagamaan kepada semua agama, terlebih Kemenag Bintan kini memiliki 4 orang penyuluh agama Kristen yang siap bertugas dan membantu organisasi untuk berkembang lebih baik.

“Salah satu indikator bahwa kualitas kehidupan umat beragama terus meningkat adalah dengan menggelar lomba semacam Pesparawi yang berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan pembinaan keagamaan di masyarakat,” ujarnya.

Erman menyebutkan bahwa setiap organisasi termasuk organisasi keagamaan membutuhkan SDM yang memadai, manajemen yang mapan dan dukungan finansial yang cukup untuk mendukung aktivitasnya. Dia meminta agar keterbatasan dukungan anggaran tidak menyurutkan langkah organisasi dalam membina umat beragama.

“Lakukan terus dialog dan kolaborasi dengan pemerintah daerah,” pesannya.

Agar kualitas kehidupan umat beragama semakin meningkat, maka diperlukan pembinaan. Mencontoh kesuksesan LPTQ Bintan yang sudah banyak mengirimkan santri asal Bintan dalam musabaqah tingkat nasional dan internasional, LPPD Bintan diharapkan lebih berkiprah dalam membina generasi muda Kristen sehingga semakin berkualitas.

“Gerak bersama untuk bangkit dan berjuang. Persoalan organisasi akan tetap ditemui, oleh karena itu dibutuhkan kebersamaan dan kolaborasi semua pihak untuk mendukung kegiatan dan organisasi keagamaan. Tampilkan yang terbaik dengan pelatihan yang intensif,” ujarnya memberikan motivasi.

Erman meminta LPPD Bintan nantinya mampu mengoptimalkan 11 cabang lomba dalam Pesparawi Provinsi Kepulauan Riau tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Batam Juli mendatang.

“Tak bisa lakukan yang besar, jangan lupakan yang kecil. Saya juga meminta agar para pendeta dan tokoh Kristen di Bintan terus berkolaborasi dalam mengimplementasikan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah semangat untuk mempersatukan bangsa. Cinta tanah air merupakan bukti keimanan kita kepada Tuhan,” pungkasnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik