Berita

Jumat Pagi di SD Negeri 007 SKL Penuh Makna

Sabtu, 24 Pebruari 2024 19:50 WIB
  • Share this on:

Jumat Pagi di SD Negeri 007 SKL Penuh Makna

Kemenag Bintan (Humas) – Guru – Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 007 Seri Kuala Lobam menjadi pioneer lahirnya sebuah gerakan yang penuh makna. Kegiatan Jumat pagi (23/2/2024) yang merupakan pembiasaan di sekolah menjadi penuh makna dengan diselenggarakannya sejumlah kegiatan keagamaan.

Dalam rangka pembiasaan seluruh peserta didik dan guru, SDN 007 mengadakan Jumat pagi dengan membaca surat Yasin dan bersalawat bagi yang muslim dan melakukan puja-pujian bagi yang beragama nonmuslim. Dengan adanya pembiasaan ini, diharapkan peserta didik bersama-sama dapat memperkuat akhlaknya serta mengingat Allah dimanapun berada.

Mengutip dari berbagai sumber, membaca salawat memiliki sejumlah makna.

Allah SWT menjanjikan kepada hambaNya yang bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW akan mendapatkan pahala yang besar baginya. Keutamaan membaca salawat nabi tertuang dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa bersalawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).

Pertama, mendapatkan syafaat di hari kiamat. Umat muslim yang selalu membaca salawat akan mendapatkan syafaat baginya di hari kiamat. Dari Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah SAW bersabda "Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca salawat untukku".

Kedua, berkumpul bersama Nabi Muhammad SAW di surga. Umat muslim yang memperbanyak salawat akan ditempatkan di sisi Nabi Muhammad SAW di surga. Hal ini sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca salawat kepadaku". (HR Tirmidzi).

Ketiga, mendapatkan pahala sepuluh kali lipat. Dalam hadis, Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa umat muslim yang memperbanyak amalan membaca salawat Nabi akan mendapatkan sepuluh kali lipat pahalanya. Sebagaimana dalam hadist, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).

Keempat, dinaikkan derajatnya. Allah SWT akan mengangkat hamba-Nya yang bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa bersalawat satu kali saja, Allah akan memberi sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya."

Kelima, dikabulkan doanya. Allah SWT akan mengabulkan seluruh doa bagi umat muslim yang selalu membaca salawat. Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu membaca salawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah SWT dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah salawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik