Berita

JCH asal Kabupaten Bintan Menuju Tanah Suci

Senin, 13 Mei 2024 11:54 WIB
  • Share this on:

JCH asal Kabupaten Bintan Menuju Tanah Suci

Kemenag Bintan (Humas) – Sebanyak 81 Jemaah Calon Haji (JCH) ditambah 1 PHD asal Kabupaten Bintan telah diberangkatkan menuju Madinah pada Minggu, 12 Mei 2024 dini hari bersama jemaah lainnya yang tergabung dalam Kloter 1 BTH. Sebelumnya pada Sabtu, 11 Mei 2024 sebanyak 82 jemaah calon haji tersebut dilepas di dua lokasi yakni di Masjid Baitul Makmur, Tanjung Uban dan Masjid Nurul Iman, Kijang. Untuk melestarikan adat tradisi Tanah Melayu, para JCH dilepas dengan tradisi Tepuk Tepung Tawar oleh sejumlah tokoh.

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad secara resmi melepas keberangkatan JCH Kloter 1 BTH di Aula Arafah 2 Asrama Haji Batam. JCH Kloter 1 BTH merupakan jemaah yang terdiri dari petugas kloter 5 orang, PHD 4 orang, KBIHU 1orang, JCH Batam 93 orang, Bintan 81 orang, Natuna 60 orang, dan Tanjungpinang 202 orang. Jumlah jemaah sebanyak 446 orang.

Jemaah tertua berusia 85 tahun dan termuda 18 tahun. JCH Kloter 1 BTH terbang menuju Madinah pada Minggu, 12 Mei 2024 pukul 07.13 Wib dengan menggunakan Saudia Arabian Airlines SV5211. Dan selamat tiba di Madinah pada hari yang sama.

Untuk musim haji tahun 1445 H/2024 M, Embarkasi Batam melayani 12.298 jemaah yang dibagi menjadi 28 kloter. Diantaranya Kepulauan Riau ada 1.334 orang, Riau 5.273 orang, Kalimantan Barat 2.611 dan Jambi 3.071 orang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutannya mengajak semua jemaah calon haji, untuk terus bersyukur, karena telah terpilih sebagai tamu Allah SWT.

"Tidak semua dari kita yang dipanggil Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji," kata Ansar.

Ansar berpesan untuk menjaga diri dengan baik dan peduli terhadap sekitarnya terutama kepada jamaah yang sudah lansia.

"Jangan lupa doakan agar Tanah Air kita ini terutama Provinsi Kepri ini tumbuh menjadi daerah yang semakin baik yang dapat menjadi tempat tinggal, mampu mensejahterakan seluruh warganya," kata Gubernur Ansar. 

Pelepasan calon jamaah haji asal Kepri di saksikan Anggota DPR RI Komisi VIII H. Ahmad, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto, Kapolda Kepri, Yan Fitri, Sekda Kepri dan undangan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik