Berita

Jajaran MIS Miftahul Ulum Kawal Ikuti Sosisalisasi Pendidikan Inklusi

Kamis, 12 September 2024 11:10 WIB
  • Share this on:

Jajaran MIS Miftahul Ulum Kawal Ikuti Sosisalisasi Pendidikan Inklusi

Kemenag Bintan (Humas) - Pendidikan merupakan hak bagi seluruh individu yang harus diberikan secara layak dan sama tanpa adanya pembedaan dari segi apapun termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Untuk memberikan pendidikan yang layak, maka anak berkebutuhan khusus tersebut diberikan pendidikan inklusi yang dapat membantu mereka mendapatkan kesetaraan pendidikan dengan perlakuan yang khusus dan sesuai dengan kemampuan mereka.

Untuk itu, sebelum sekolah atau madrasah melaksanakan pendidikan inklusi, perlu diberikan sosialisasi dan pelatihan untuk menangani siswa-siswi yang memiliki kebutuhan khusus dari narasumber yang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3-MI) mengadakan sosialisasi pendidikan inklusi kepada seluruh madrasah ibtidaiyah se Kabupaten Bintan dengan narasumber Pengawas MI Kabupaten Bintan, Ida Nuryati dan Kepala MIS An- Najah Kijang. Kedua narasumber tersebut sebelumnya sudah mendapatkan sosialisasi pendidikan inklusi. Melalui kedua narasumber tersebut diharapkan dapat menyalurkan ilmunya kepada peserta yang hadir pada sosialisasi yang digelar pada Rabu (11/9/2024) di MIS Islamiyah Kijang.

K3-MI melalui surat undangannya menghadirkan seluruh Kepala MI se- Kabupaten Bintan dengan membawa Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan operator untuk dapat menghadiri giat tersebut. Dalam sosialisasi tersebut, para peserta juga diberikan tugas kelompok bagaimana cara menangani siswa inklusi yang ada di salah satu madrasah di masing-masing kelompok serta menjelaskan peraturan yang menjelaskan tentang pendidikan inklusif.

Kepala MIS Miftahul Ulum, Suradi mengatakan sosialisasi diharapkan menjadi bekal bermanfaat untuk madrasah yang dipimpinnya dalam menangani siswa inklusi di MIS Miftahul Ulum. Sementara itu, Ketua K3-MI Kabupaten Bintan, Asra mengatakan bekal pengetahuan pendidikan inklusi penting dalam menyelenggarakan pendidikan yang setara kepada siswa berkebutuhan khusus di satuan kerjanya masing-masing.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Eko Sulestyo Nugroho
Penulis:
Eko Sulestyo Nugroho

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik