Berita

Jajaran MIS Miftahul Ulum Kawal Ikuti Pelatihan RDM P5P2RA

Kamis, 19 September 2024 13:57 WIB
  • Share this on:

Jajaran MIS Miftahul Ulum Kawal Ikuti Pelatihan RDM P5P2RA

Kemenag Bintan (Humas) - Pelaporan hasil belajar siswa saat ini tidak hanya berupa buku rapor saja, namun juga ada hasil project siswa yang dikerjakan selama proses belajar mengajar berlangsung. Project yang dikerjakan juga tergantung dengan materi yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan siswa untuk melakukan project tersebut. Project tersebut dapat berupa karya seni, hasil panen, pemanfaatan barang bekas, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sebelum menyampaikan laporan hasil project siswa, wali kelas terlebih dahulu diberikan pelatihan dasar untuk mengisi dan cara menyampaikan hasil project tersebut. Laporan tersebut berbasis digital yang dikemas dalam Rapor Digital Madrasah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (RDM P5P2RA) yang dikerjakan oleh masing-masing wali kelas.

Projek tersebut tidak harus dilakukan setiap waktu, minimal dalam dua semester berjalan ada satu projek yang dikerjakan oleh siswa terutama yang menggunakan kurikulum merdeka. Pembelajaran P5P2RA ini juga berfungsi sebagai kesempatan siswa dalam menambah pengetahuan di luar buku pegangan siswa untuk membentuk karakter siswa dalam bersosial di lingkungan.

Pelatihan yang diadakan pada Rabu (18/9/2024) di ruang kelas 1 MIS Miftahul Ulum Kawal oleh Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Abdurrahman (STAIN SAR) Kepulauan Riau melalui Program Studi Manajemen Pendidikan Islam sebagai bentuk pengabdian Litapdimas Kampus

Hadir dalam pelatihan tersebut Ketua Program Studi Zulhamdan, dengan didampingi Dwi Setyaningsih, selaku Sekretaris, Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) STAIN SAR Ediansyah, sekaligus sebagai narasumber dan mahasiswi Program Studi MPI, Yuliyani Lestari Dacosta. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh majelis guru MIS Miftahul Ulum Kawal tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, namun juga langsung mempraktekkan cara mengisi penilaian yang sudah dibuat sebelumnya.

Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Zulhamdan mengatakan, kegiatan pelatihan ini tidak hanya sampai disini saja, namun bisa disalurkan kepada rekan-rekan lainnya baik yang ada di MIS Miftahul Ulum Kawal maupun rekan di MI lainnya yang juga menggunakan penilaian yang sama.

"Jika selama pengerjaan bapak/ibu mengalami kendala, bisa langsung menanyakan kepada Pak Edi untuk langsung berkonsultasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MIS Miftahul Ulum Kawal, Suradi dalam sambutannya mengatakan, pelatihan dirasa cukup membantu guru-guru MIS MU Kawal dalam menyampaikan penilaian hasil projek siswa kepada wali murid, supaya bisa melihat kesibukan siswa selama belajar di MIS Miftahul Ulum Kawal.

Diakhir acara, Kepala Program Studi Manajemen Pendidikan Islam menyerahkan cinderamata dan penyerahan secara simbolis sertifikat kepada Kepala MIS Miftahul Ulum Kawal sebagai tanda ucapan terimakasih dan kenang-kenangan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Eko Sulestyo Nugroho
Penulis:
Eko Sulestyo Nugroho

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik