Berita

Jadi Tuan Rumah Kemenag Menyapa, Ponpes Darussilmi Buka Seat Santri Gratis

Selasa, 20 Pebruari 2024 15:20 WIB
  • Share this on:

Jadi Tuan Rumah Kemenag Menyapa, Ponpes Darussilmi Buka Seat Santri Gratis

Kemenag Bintan (Humas) – Ada yang sedikit berbeda dengan pelaksanaan kegiatan Kemenag Menyapa edisi 2024 yang dilaksanakan di Ponpes Darussilmi pada putaran pertama, Selasa, 20 Februari 2024.

Imron Abdurrosyid, Mudhir Pondok Pesantren Darussilmi Bintan membagikan sejumlah seat gratis untuk santri di Bintan. Seat gratis itu diberikan kepada Ketua FKPP Kabupaten Bintan 1 seat, Kepala Kantor Kemenag Bintan 2 seat, Sekcam Toapaya 1 seat, Kepala KUA Toapaya 1 seat, dan Kepala Sekolah yang hadir 1 seat.

“Seat gratis diberikan sebagai rasa syukur kami atas pelaksanan kegiatan Kemenag Menyapa agar semakin dirasakan dampaknya bagi masyarakat,” ujar Imron.

Kegiatan Kemenag Menyapa dihadiri Kepala Kemenag Bintan, Sekcam Toapaya, sejumlah pejabat pengawas, Ketua FKPP Kabupaten Bintan, Mudhir PP Darussilmi, pimpinan pondok pesantren di wilayah Toapaya, Kepala Sekolah SD di Bintan, pengawas, dan undangan.

Sementara itu, Ustadz Muktafin Trenggono dalam tausiyahnya mengajak umat Islam untuk menyiapkan kedatangan Ramadhan 1445 H.

“Siapkan persiapan Ramadhan agar menjadi Ramadhan paling baik diantara Ramadhan yang telah lalu. Rasulullah sudah bersiap jelang Ramadhan sejak Rajab. Persiapan yang dilakukan untuk menyambut Ramadhan dilakukan sebaik mungkin,” pesannya.

Dia mengatakan Surat Albaqarah ayat 183 adalah panggilan kepada orang-orang beriman. Puasa diperuntukkan bukan saja untuk muslim, tetapi sudah dikerjakan oleh umat-umat terdahulu. Puasa Ramadhan disyariatkan untuk dilaksanakan secara bersama-sama agar tetap bersemangat dalam melaksanakannya.

“Hadiahnya adalah agar kita menjadi orang orang yang bertaqwa. Puasa bukan saja kewajiban tetapi juga kebutuhan. Puasa Ramadhan kebutuhan yang membahagiakan bukan sekedar menggugurkan kewajiban semata. Kalau ibadah sebagai kebutuhan maka akan ada kebahagiaan dan semangat dalam mengerjakannya termasuk perintah yang lain seperti salat dan zakat yang akan semakin meningkat kualitasnya,” jelas Muqtafin Trenggono.

Menurutnya Indonesia Hebat Bersama Umat akan terwujud jika umat Islam Indonesia yang mayoritas dapat melaksanakan kewajibannya sebagai kebutuhan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik