Berita

Ida Nuryati Pantau Pelaksanaan Persari di MIS MU Kawal

Kamis, 29 Agustus 2024 13:52 WIB
  • Share this on:

Ida Nuryati Pantau Pelaksanaan Persari di MIS MU Kawal

Kemenag Bintan (Humas) – Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Ida Nuryati memantau pelaksanaan Perkemahan Satu Hari (Persari) yang dilaksanakan oleh MIS MU Kawal. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 24 Agustus 2024 di halaman MIS MU Kawal.

Kepala MIS MU Kawal, Suradi mengatakan peserta Persari melibatkan siswa kelas 4, 5 dan 6. Suradi menjelaskan kegiatan Persari yang digelarnya itu, telah mendapatkan dukungan orang tua siswa. Persari di MIS MU Kawal sudah menjadi agenda rutin.

Pengawas MI Ida Nuryati ikut mendampingi dan memantau kegiatan tersebut, dibantu oleh 15 orang kakak kakak penegak dari SMA Negeri 1 Toapaya dan pelatih drambandnya. Karena pada kegiatan Persari tersebut ditampilkan drumband pramuka yang terlibat menjadi anggota penggalang dalam aktivitas Persari tersebut.

Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan, ketangkasan setiap anak, kekompakan regu, kerelegiusan, disiplin, kepemimpinan dan hiking dengan alang rintang tanda jejak, pensi dan menyalakan api unggun. Tepat pukul 22.00 Wib acara selesai peserta dijemput oleh orang tua masing masing.

Mengevaluasi kegiatan tersebut, Ida Nuryati meminta pembina pramuka Widya Wahyu Ningsih dan Kepala Madrasah, Suradi agar siswa diajarkan budaya antri, menghargai waktu dengan membagikan jadwal pada setiap regu agar lebih disiplin dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dia meminta pramuka MIS MU Kawal menguasai sandi yang mudah untuk membantu menerjemahkan perintah saat hiking dilaksanakan. Mengoptimalkan indra penglihatan, pengecap, pemciuman dengan cara mengenalkan bumbu-bumbu, tanaman herbal.

Pramuka juga diminta untuk memusatkan kemampuan pada saat persinggahan di salah satu pos saat hiking digelar. Saat api unggun menyala, Ida juga meminta pramuka penggalang memaknai Dasa Dharma Pramuka dengan meminta anggota membacanya satu persatu.

“Setiap anggota pramuka itu dengan membawa obor mengelilingi api unggun melafazkan Dasa Dharma Pramuka,”, ujarnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Ida Nuryati
Penulis:
Ida Nuryati

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik