Berita

Hari Kedua Pesantren Ramadan, MIN 2 Bintan Gelar Penguatan Pendidikan Berkarakter

Kamis, 21 Maret 2024 17:35 WIB
  • Share this on:

Hari Kedua Pesantren Ramadan, MIN 2 Bintan Gelar Penguatan Pendidikan Berkarakter

Kemenag Bintan (Humas) - Dalam bulan Ramadhan, hampir setiap sekolah atau madrasah menyelenggarakan pesantren ramadhan (pesantren yang dilaksanakan dalam waktu singkat) pada semua jenjang.

Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan pesantren ramadhan di MIN 2 Bintan dengan materi Penguatan Pendidikan Berkarakter, materi disampaikan oleh Ibu wirdaningsih, (wali kelas 3).

Menurut Asra, selaku Kepala MIN 2 Bintan, bahwa pemateri dalam pesantren Ramadhan ini adalah guru-guru yang ada di MIN 2 Bintan secara bergiliran setiap tahunnya.

Hadir dalam kegiatan pesantren Ramadhan ini Pengawas Madrasah Kemenag Bintan Ida Nuryati, dan Pengawas MTs Bintan, Ermaini.

Dalam sambutannya Ida menyampaikan motivasi kepada anak-anak terkait dengan semangat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dan semangat dalam belajar agar menjadi anak yang bermanfaat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung peningkatan pendidikan karakter yang terwujud dalam pendalaman ilmu agama Islam sekaligus mempraktikkannya.

Adapun nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan pesantren kilat Ramadhan sebagai berikut,

1. Nilai Karakter Religius

Siswa dilatih melaksanakan ajaran agama Islam dengan baik seperti, shalat dhuha membaca Al-Quran (tadarus), melaksanakan shalat Dhuha dan shalat zhuhur berjamaah.

2. Nilai Karakter Jujur

Puasa merupakan wujud karakter jujur karena ada guru atau orang lain yang mengawasi maupun tidak, setiap siswa harus berpuasa, dengan kata lain yang mengetahui siswa berpuasa atau tidak adalah diri siswa sendiri dan Allah SWT. Harapannya sikap jujur tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Nilai Karakter Mandiri

Sikap mandiri siswa dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang selanjutnya berkoordinasi dengan guru Pendidikan Agama Islam.

4. Nilai Karakter Kerja Keras

Kegiatan pesantren Ramadhan di sekolah meliputi tadarus Al-Qur’an, salat berjamaah, kajian islam, gebyar amal, game dan lainnya yang secara tidak langsung menanamkan kerja keras dalam kehidupan sehari-han, karena beberapa kegiatan tersebuat dikerjakan selama pesantren Ramadhan.

5. Nilai Karakter Toleransi

Dalam pesantren kilat menanamkan sikap tolerasi siswa dengan orang yang berbeda pendapat. Perbedaan pendapat dalam kajian Islam di kelas harus dihormati yang kemudian dicari solusinya.

6. Nilai Karakter Disiplin

Pesantren Ramadhan menanamkan kepada siswa agar terbiasa disiplin dalam aktivitas sehari-hari, seperti berpuasa tidak dijadikan sebagai alasan untuk datang terlambat ke sekolah.

Penanaman karakter siswa perlu terus diupayakan dengan berbagai strategi dan pemanfaatan momentum agar akhlak perilaku siswa secara terus menerus dan berkesinambungan dapat terwujud secara bertahap dalam kehidupan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Ada makna yang patut diserap dalam pesantren Ramadhan, yaitu harapan ada perubahan perilaku siswa menuju perubahan ke arah yang lebih baik, meskipun pelaksanaannya hanya dalam waktu relatif singkat.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Arrahman
Penulis:
Arrahman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik