Berita

Hadiri Wisuda Santri Tahfidz Darul Fikri, Rostam Pesankan Lima Rukun Pondok Pesantren

Senin, 1 Juli 2024 14:51 WIB
  • Share this on:

Hadiri Wisuda Santri Tahfidz Darul Fikri, Rostam Pesankan Lima Rukun Pondok Pesantren

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, KH. Rostam Effendi mewakili kepala menghadiri wisuda santri Pondok Pesantren Tahfidz Darul Fikri, Sabtu, 29 Juni 2024.

Kepada media ini Rostam mengatakan Ponpes Tahfidz Darul Fikri Bintan mewisuda sejumlah santri yang tergabung dalam program tahfidz Quran, wisuda kitab kuning, dan wisuda SMP.

Rinciannya adalah untuk program tahfidz Alquran diikuti oleh santriwan 8 orang dan santriwati 21 orang. Untuk program wisuda kitab kuning diikuti oleh santriwan 17 orang dan santriwati 27 orang. Sementara itu, untuk wisuda SMP diikuti oleh santriwan 4 orang dan santriwati 15 orang.

Dalam sambutannya, Rostam mengucapkan tahniah kepada ponpes dan walisantri atas diwisudanya para penghafal Al-Quran. Dia berharap agar bekal tersebut mampu diimplementasikan dalam kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa dan negara.

Dia berharap dengan prosesi wisuda akan menambah kepercayaan para walisantri dengan sistem pendidikan pesantren. Dia mengatakan UU No. 20 Tahun 2019 tentang Pesantren mampu payung hukum dalam tata kelola pendidikan pesantren.

“Berarti bahwa keberadaan pesantren sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan telah memiliki kedudukan yang sejajar dengan lembaga pendidikan yang lainnya di Indonesia. Lima rukun pondok pesantren wajib dipenuhi, yakni terdapat kyai yang memimpin pesantren, ada santri paling sedikit 15 orang yang menginap di dalam pondok, ada masjid dan musala, ada asrama dan ada kitab kuning yang dipelajari,” imbuhnya.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik