Berita

Giat Ngopi, Ustadz Mustahal Jelaskan Hadist Tiga Nasehat Nabi kepada Sahabatnya (2)

Jumat, 6 September 2024 15:21 WIB
  • Share this on:

Giat Ngopi, Ustadz Mustahal Jelaskan Hadist Tiga Nasehat Nabi kepada Sahabatnya (2)

Kemenag Bintan (Humas) – Meskipun sebagian ulama mengatakan Hadist yang diketengahkan ustadz Mustahal dalam giat Ngopi termasuk Hadist hasan dengan banyaknya syawâhid (pendukung). Hadits agung yang singkat itu berisi tiga wasiat yang menghimpun semua kebaikan, dunia dan akhirat. Barangsiapa memahaminya lalu mengamalkannya, maka dia akan meraih semua kebaikan, baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Wasiat pertama, wasiat tentang salat. Agar kaum muslimin memberikan perhatian ekstra dan menunaikannya dengan benar. Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits di atas mengajak setiap orang yang hendak melaksanakan salat agar dia mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh sebagaimana orang yang mengerjakan salatnya yang terakhir, dia tahu dirinya tidak bisa lagi mengerjakan salat setelah itu.

Jika seseorang yang mengerjakan salat merasa bahwa itu adalah salat terakhir yang bisa dilakukan, dia tidak bisa mengerjakan salat setelah itu, maka pasti dia akan bersungguh-sungguh. Dia pasti akan mengerjakannya dengan baik dan benar, dia pasti akan berusaha menyempurnakan semua rukun-rukunnya, seperti ruku’ dan sujudnya juga hal yang diwajibkan atau bahkan hal-hal yang disunnahkan tidak akan ditinggalkan sedikitpun.

Oleh karena itu, semestinya setiap orang yang hendak melaksanakan salat mengingat wasiat Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ini dalam setiap salat yang sedang dia lakukan. Barangsiapa melaksanakan salat dengan baik dan benar, maka salat tersebut akan memandu dan membimbingnya kepada semua kebaikan dan keutamaan. Dan salat seperti itu akan menjadi penyejuk mata (penenang baginya) dan mendatangkan kebahagiaan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik