Berita

Gelar Media Gathering, Kakanwil Uraikan Capaian Program

Sabtu, 31 Agustus 2024 11:54 WIB
  • Share this on:

Gelar Media Gathering, Kakanwil Uraikan Capaian Program

Kemenag Bintan (Humas) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menggelar media gathering di Hotel CK Tanjungpinang, Jumat, 30 Agustus 2024 malam. Untuk peserta di lingkungan Kantor Kemenag Bintan hadir antara lain Kepala Kantor Kemenag Bintan, Kepala MAN Bintan, Kepala MTs Negeri Bintan, Kepala MIN 1 Bintan, Kepala MIN 2 Bintan dan pranata humas.

Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri, H. Abu Sufyan mengatakan peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, pejabat administrator, dan 35 jurnalis yang ada di Pulau Bintan.

Dalam uraiannya, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto mengatakan tujuh program prioritas Kementerian Agama yang dipelopori Menteri Agama sudah terlaksana dengan baik. Sejumlah indikator keberhasilan itu terlihat dari pencapaian yang ada di Kepulauan Riau.

Pertama, indeks kerukunan di Kepulauan Riau merupakan yang terbaik di Indonesia. Aspek kesetaraan, kebebasan beragama, kerja sama dan penghormatan terhadap budaya lokal sudah terlaksana dengan baik.

Namun demikian, Kakanwil mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan umat beragama jelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun ini.

Kedua, super apps Pusaka menjadi penanda transformasi layanan digital yang semakin maksimal. Pusaka super apps dan sejumlah transformasi digital yang dikembangkan oleh Kementerian Agama sudah mendapatkan pengakuan dari banyak lembaga. Untuk itu, kata Mahbub, peran media diperlukan untuk terus memberikan kontrol yang seimbang.

Ketiga, pengembangan potensi ekonomi umat Islam seperti zakat dan wakaf sudah dilaksanakan dengan baik. Pada Ramadhan 1445 H yang lalu keluarga besar Kanwil Kemenag Kepri telah menyalurkan 26 ribu paket sembako kepada masyarakat yang akan merayakan lebaran. Demikian pula Lebaran Yatim juga telah sukses digelar. Aspek kerja sama dengan lembaga seperti Baznas dan BWI sudah berjalan baik dengan pengawasan yang terus dilakukan. Optimalisasi tanah wakaf terus dilakukan.

Keempat, pengembangan kemandirian pesantren juga terus dilakukan dengan pendekatan Hebitren. kerjasama hebitren juga dilakukan dengan Bank Indonesia telah menyasar hampir 500 pesantren di Kepulauan Riau.

Kelima, pengembangan madrasah terus dilakukan. MAN IC Batam saat ini menduduki peringkat 4 terbaik secara nasional. Kesadaran untuk pengembangan madrasah cukup tinggi. Bahkan sejumlah madrasah di Batam sudah menggunakan Cambridge Curriculum untuk proses pembelajarannya.

Keenam, sejumlah madrasah sudah mengaplikasikan program amtsilati sebagai program unggulan. Amtsilati merupakan cara cepat dalam mempelajari Alquran dan kitab kuning yang membantu siswa dalam pelajaran agama Islam.

Ketujuh, secara aktif, Kemenag juga turut serta pada upaya pencegahan stunting dengan berbagai program kolaborasi, seperti pencegahan nikah dini, pendidikan reproduksi sehat, keluarga sakinah, dan bimbingan pranikah yang digelar secara intensif pada level KUA kecamatan.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik