Berita

Erman Zaruddin Dorong Pondok Pesantren di Bintan Terbitkan Profile Lembaga

Kamis, 4 Juli 2024 14:52 WIB
  • Share this on:

Erman Zaruddin Dorong Pondok Pesantren di Bintan Terbitkan Profile Lembaga

Kemenag Bintan (Humas) – Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin menggelar rapat bersama sejumlah pimpinan pondok pesantren yang ada di Bintan. Tujuan pertemuan selain untuk silaturahmi dan temu kangen juga untuk membahas rencana kegiatan menyambut Pekan Muharram 1446 H. Pertemuan digelar di ruang kepala, Kamis, 4 Juli 2024.

Hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pimpinan pondok pesantren, antara lain pimpinan pondok pesantren Darussilmi Bintan, ponpes Al Qudwah, ponpes Al Furqon, ponpes Khodimul Ummah, ponpes Darul Fikri, ponpes Ibnu Qasim, ponpes Nahdlatul Wathan, dan ponpes Hidayatullah.

Erman meminta agar setiap pondok pesantren di Bintan menerbitkan profile lembaga yang tersebar luas di masyarakat. Bahkan Erman mengetengahkan sejumlah panduan dalam penerbitan sebuah profile lembaga yang minimal dapat menjelaskan eksistensi pondok pesantren.

Berikut adalah susunan terbaik untuk profil pondok pesantren yang disarankannya.

Pertama, Visi dan Misi. Profile pondok pesantren menjelaskan visi dan misi pondok pesantren secara singkat dan jelas. Visi harus mencerminkan cita-cita pondok pesantren dalam jangka panjang, sedangkan misi menjelaskan strategi untuk mencapai visi tersebut.

Kedua, Sejarah Singkat. Profile menceritakan sejarah singkat berdirinya pondok pesantren. Mulai dari menyebutkan pendiri, tahun berdirinya, dan peristiwa penting lainnya.

Ketiga, Letak dan Fasilitas. Profile menjelaskan lokasi pondok pesantren secara detail, termasuk alamat lengkap dan akses transportasinya. Sebutkan fasilitas yang tersedia di pondok pesantren, seperti asrama, ruang kelas, masjid, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Keempat, Kurikulum Pendidikan. Profile menjelaskan kurikulum pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren. Sebutkan mata pelajaran yang diajarkan, sistem pembelajaran, dan lama pendidikan. Jelaskan pula keunggulan kurikulum yang ditawarkan.

Kelima, Kegiatan Santri. Profile menjelaskan kegiatan sehari-hari santri di pondok pesantren. Sebutkan kegiatan ekstrakurikuler yang tersedia, seperti kegiatan keagamaan, olahraga, dan kepemimpinan. Jelaskan pula prestasi yang pernah diraih oleh santri.

Keenam, Biaya Pendidikan. Dalam profile menjelaskan secara transparan biaya pendidikan di pondok pesantren. Sebutkan jenis biaya, seperti biaya pendaftaran, biaya SPP, dan biaya lainnya. Jelaskan pula apakah ada sistem beasiswa atau keringanan biaya.

Ketujuh, Kontak dan Informasi. Profile mencantumkan kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pondok pesantren. Sebutkan alamat website, email, dan media sosial pondok pesantren.

Terakhir, Foto dan Video yang memberikan gambaran singkat lembaga.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik