Berita

Dukung Akreditasi STAIN SAR, Erman Zaruddin Hadiri Undangan Asesmen Lapangan Stakeholder

Selasa, 25 Juni 2024 12:51 WIB
  • Share this on:

Dukung Akreditasi STAIN SAR, Erman Zaruddin Hadiri Undangan Asesmen Lapangan Stakeholder

Kemenag Bintan ((Humas) - STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melaksanakan asesmen lapangan untuk akreditasi Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tingkat S1. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada Minggu s/d Selasa, 23 s/d 25 Juni 2024 di ruang Balai Titah Gedung Rektorat Kampus STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menjadi salah satu stakeholders dalam giat Asesmen Lapangan (AL). Erman Zaruddin menghadiri kegiatan untuk memberikan dukungan AL pada Senin, 24 Juni 2024 mulai pukul 13.00 Wib hingga selesai.

STAIN SAR Kepri menghadirkan Dr. Atiyatul Ulya, MA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. Dr. Ahmad Musyafiq, (UIN Walisongo Semarang) didampingi oleh Wakil Ketua I, Aris Bintania, Wakil Ketua II, Dr. Almahfuz, Kepala Bagian Administrasi Umum Akademik dan Keuangan, H. Imam Subekti.

Ketua STAIN, Dr. Muhammad Faisal dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur atas dilaksanakannya asesmen ini, yang merupakan langkah penting untuk memastikan kualitas dan relevansi program studi dengan tuntutan zaman. 

Faisal memaparkan kondisi geografis STAIN Kepri di wilayah Kabupaten Bintan, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal.

“Kondisi letak geografis STAIN Kepri di wilayah Kabupaten Bintan ini merupakan bentuk untuk memberikan kontribusi positif bagi penguatan dan pengembangan perekonomian lokal di kabupaten bintan,” katanya.

Dr. Atiyatul Ulya, sebagai salah satu delegasi asesor, mengungkapkan kegembiraannya atas perkembangan yang signifikan di STAIN Kepri sejak kunjungannya pertama kali pada tahun 2013, saat kampus masih berstatus swasta.

"Transformasi dalam 11 tahun terakhir sangat luar biasa," katanya.

Kegiatan asesmen lapangan ini dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Sisdiknas yang mewajibkan penjaminan mutu secara eksternal di setiap perguruan tinggi di Indonesia. 

Sementara itu, Prof. Dr. Ahmad Musyafiq, menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai amanah dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yang menggunakan ilmu penilaian yang moderat untuk memvalidasi kinerja dan kualitas program studi.

Diharapkan bahwa hasil dari kegiatan asesmen ini akan memberikan gambaran yang akurat mengenai kesesuaian Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di STAIN Kepri dengan standar yang ditetapkan, serta membantu dalam pengembangan lebih lanjut untuk masa depan yang lebih baik.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik