Berita

Dua ASN Kemenag Bintan Ikuti Dialog Kebahasaan

Minggu, 10 Desember 2023 11:43 WIB
  • Share this on:

Dua ASN Kemenag Bintan Ikuti Dialog Kebahasaan

Kemenag Bintan (Humas)—Dua ASN Kantor Kemenag Bintan, Hatiman, Pranata Humas dan Muhammad Juandi, Analis SDM mengikuti kegiatan dialog kebahasaan yang digelar oleh Kantor Bahasa Kepulauan Riau. Kegiatan digelar Sabtu, 9 Desember 2023 di Aula BPMP Kepulauan Riau, Ceruk Ijuk. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta.

Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Riau, Rahmat mengatakan fase tumbuh kembang Bahasa Indonesia dimulai dari fase persemaian yang dimulai dengan adanya Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Fase selanjutnya fase pengukuhan dimana Bahasa Indonesia dikukuhkan dalam konstitusi UUD 1945 dalam pasal 36 yang menegaskan bahasa negara adalah bahasa Indonesia.

Fase ketiga adalah Pengembangan dimana Bahasa Indonesia dikembangkan menjadi sebuah bahasa modern yang mengakomodasi konsep besar, konsep kultural, dan konsep apapun yang berkembang di masyarakat.

Dan fase keempat adalah fase pembuanaan dengan internasionalisasi. Fase ini kita membawa Bahasa Indonesia dengan rasa kebangsaan Indonesia bukan hanya berada pada tataran lokal saja tetapi juga pada tataran global.

Rahmat menjelaskan Indonesia sudah mengoptimalkan adanya pada sidang umum Unesco yang akhirnya mengakui Bahasa Indonesia sebagai bahasa ke sepuluh yang digunakan dalam forum resmi Unesco.

Sementara itu, program revitalisasi bahasa sudah menunjukkan keberhasilannya dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam forum resmi Unesco.

Editor:
Hatiman
Kontributor:
Hatiman
Penulis:
Hatiman

Gallery

  • Tandatangani MRA Jaminan Produk Halal Pertama di Eropa, Menag: Perkuat Integrasi Pasar Regional
  • Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025
  • BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang Gelar Sosialisasi Program bagi Pengelola Pondok Pesantren
  • Gerak Jalan Kreasi, Regu Putra MTs MU Kawal Raih Juara I
  • Sambut Kedatangan, Menag Harap Paus Fransiskus Saksikan Keberagamaan Indonesia Terpelihara dengan Baik